Home / TNI / Kodim 0708/Purworejo / BADAN OTORITER BOROBUDUR TINJAU HASIL KARYA SATGAS TMMD UNTUK JALIN KERJA SAMA BIDANG PARIWISATA

BADAN OTORITER BOROBUDUR TINJAU HASIL KARYA SATGAS TMMD UNTUK JALIN KERJA SAMA BIDANG PARIWISATA

Purworejo_ Tugas Badan Otorita Borobudur (BOB) tak hanya mengembangkan kawasan Borobudur menjadi wisata terpadu namun juga meningkatkan kesejahteraan warga. Hal itu sesuai amanat Peraturan Presiden No 46/ 2017 yang menyebutkan Badan Otorita Borobudur mengembangkan kawasan Borobudur menjadi lebih terkoordinasi, sistematis, terarah, dan terpadu. Jum’at (23/10)

Menurut Direktur Pemasaran Pariwisata BOB, Imam lembaganya dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 46/ 2017 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Borobudur. Institusi tersebut berdiri untuk mengoptimalkan pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Borobudur.

“Tujuannya agar lebih terkoordinasi, sistematis, terarah dan terpadu sehingga dapat mempercepat pembangunan sedangkan secara struktural, BOB merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Pariwisata No 10/2017.” paparnya

Berdasarka ketentuan itu, BOB memiliki dua tugas yakni otoritatif dan koordinatif. Penugasan otoritatif mencakup pengelolaan lahan seluas 309 hektare di perbukitan Menoreh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Khusus untuk tugas koordinatif, wilayah yang diemban lebih luas yakni meliputi tiga kawasan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) antara lain Borobudur-Jogja dan sekitarnya.

Keberadaan BOB menjadikan pembangunan pariwisata di kawasan tersebut tidak saling tumpang tindih dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan warga sekitar.

Pada kesempatan yang sama Tim BOB meninjau secara langsung hasil pengecoran jalan sepanjang 1.665 meter yang di laksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 0708/Purworejo, tepatnya di jalan Desa Sedayu menuju lereng Menoreh yaitu di Dusun Wonosari yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo tersebut.

Komandan Kodim 0708/Purworejo yang juga menjabat Dansatgas TMMD Reguler 109 Letkol Inf. Lukman Hakim S.Sos. M.Si. yang mendampingi Tim dari BOB untuk meninjau secara langsung jalan yang di bangun oleh Satgas TMMD Kodim Purworejo.

“Kami berharap masyarakat sekitar bisa tumbuh dan berkembang. Setelah sarana jalan sudah diperabiki oleh Sathas TMMD dan kuga Dengan adanya lembaga yang di kelola oleh BOB, semoga bisa menumbuhkan pariwisata di lingkungan sekitar zona otoritatif dengan mengedepankan kearifan lokal.” jelas Dansatgas TMMD 109 Kodim Purworejo.

About Andre Newshanter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Anggota Koramil 11/Loano Gencar Lakukan Komsos Pasca TMMD Berakhir

Purworejo — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 Kodim 0708/Purworejo, ...