Home / Lampung / Diduga Sejumlah Oknum Jaksa Di Way Kanan ” Abaikan Kepres dan Inpres “

Diduga Sejumlah Oknum Jaksa Di Way Kanan ” Abaikan Kepres dan Inpres “

WAY KANAN, Newshanter.com –
Diduga sejumlah pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Way Kanan, abaikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Selasa 22/9/2020.

Sebelumnya Ir. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Kepres. Nomor : 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional tanggal 13 April 2020.

Begitu pula, Inpres Nomor 6 Tahun 2020 yang ditandatangani dan diberlakukan sejak tanggal 04 Agustus 2020 lalu. Salah satunya mengatur soal sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Sanksi tersebut wajib disusun dan ditetapkan dalam peraturan gubernur, bupati, atau wali kota sebagaimana tercantum dalam poin 6 huruf b.

Hukuman berlaku bagi perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Tempat dan fasilitas umum yang dimaksud adalah perkantoran, usaha dan industri, sekolah, tempat ibadah.

Kemudian, stasiun, terminal, pelabuhan, bandara, transportasi umum, kendaraan pribadi. Lalu ada toko, pasar modern, pasar tradisional, pedagang kaki lima/lapakjajanan, perhotelan, tempat pariwisata, fasilitas layanan kesehatan, apotek dan toko obat, area publik, serta tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan massa.

Namun sayangnya, masih saja ada oknum Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Way Kanan, justru terkesan mengabaikan apa yang menjadi Kepres dan Inpres yang telah ditetapkan oleh orang nomor satu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terserbut.

Pasalnya ketika awak media yang ingin menemui Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Way Kanan, Selasa 22/9/2020, terlihat jelas sejumlah oknum jaksa tidak mengenakan masker sebagai alat pelindung diri.

Kepres. Nomor : 12 tahun 2020 dan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 turut pula Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01/07/MENKES/328/2020. Menjadi rujukan bagi setiap warga negara yang patuh dan taat akan aturan. Guna memutus penyebaran Virus Covid 19 tersebut.
(Dam/tim)

About Damiri NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Refleksi Satu Tahun Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin, Wajah Baru Indonesia, Wajah Rakyat Bahagia

WAY KANAN, Newshanter.com – Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, menyampaikan keterangan pers ...