Home / Nasional / Sumatera Barat / Sijunjung / Komunitas Pilot Drone Kabupaten Sijunjung Resmi di Bentuk

Komunitas Pilot Drone Kabupaten Sijunjung Resmi di Bentuk

Sijunjung, NewsHanter.com – Sejumlah penghobi drone Kabupaten Sijunjung akhirnya membentuk Komunitas Pilot Drone Sijunjung (KPDS) dengan mengusung misi Kemanusiaan, Sosial, Ekonomi dan Budaya.

Untuk menjalankan misi Komunitas sekaligus dibentuk struktur kepengurusan yang diketuai oleh Cris Gangga Lalapari, Sekretaris Nur Azizah, Bendahara Kendy Bagindo, serta Koordinator Lapangan (Korlap) Dodon Afrianto, Yulucef Anthony, Boma.

Sementara Penasihat Organisasi turut didaulatkan pada Kadis Pariwisata Budaya dan Pemuda dan Olahraga, Afrineldi.

Pembentukan Struktur Organisasi ini secara aklamasi dilangsungkan di Balairung Kesenian Komplek Kolam Renang Muaro Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kamis (17/09/20) malam, dihadiri belasan anggota pilot dreone dari berbagai Nagari di Kabupaten Sijunjung.

Usai organisasi terbentuk, rencananya juga segera dilengkapi payung hukum Akta Notaris, serta didaftarkan pada Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung.

Ketua KPDS, Gangga Lala Pari, mengaku turut lega dengan terbentuknya komunitas tersebut, sehingga para pilot/penghobi drone se-Kabupaten Sijunjung yang semula tersebar di berbagai penjuru Nagari, sekarang dapat berhimpun dalam satu wadah, satu Visi dan Misi.

Sekaligus kedepannya para anggota bisa saling berbagi, transfer ilmu, pengetahuan, wawasan, penuh rasa kekeluargaan. Tatkala ada anggota mengalami sesuatu (kendala) dalam proses penerbangan, bisa menghubungi kawan-kawan komunutas. Begitupun bila perangkat mengalami masalah/insiden (crash) hingga perlu perbaikan perangkat, bisa saling membantu, ucap Gangga.

Seperti kita ketahui, perangkat drone bukanlah barang murah, melainkan harganya mencapai puluhan juta rupiah, ditambah seabrek pernak-pernik pendukung lainnya. Apabila dipergunakan untuk hura-hura, maka sangat kita sayangkan tak menentu arah, ujar Gangga.

Maka itu, mari kita saling bergandengan tangan dan jaga perangkat secara baik. Selanjutnya hoby ini dapat membawa dampak positif bagi daerah, imbuh Gangga.

Terutama untuk promosi di bidang Pariwisata, Budaya, Olahraga, serta misi Kemanusiaan, Sosial dan Ekonomi. Hasil video, foto-foto yang memiliki nilai jual dapat diviralkan di media sosial (medsos) seperti youtube, serta media cyber, online, dan cetak, tutur Gangga.

“Jadikan KPDS organisasi elite guna mendukung promosi daerah. Sekaligus mengusung misi sosial kemanusiaan, kebencanaan, membantu tugas BPBD, Polri dan TNI,” pesan Gangga.

Sebelum acara pertemuan ditutup, Ketua KPDS, Gangga Lala Pari secara resmi menyerahkan hasil karya anggota berupa maaping (foto udara) kawasan Perkampungan Adat Nagari Sijunjung kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Sijunjung, Afrineldi.

Maaping dalam ukuran jumbo ini rencananya akan dibingkai hingga menambah koleksi asset Dinas Pariwisata Budaya dan Olahraga Sijunjung.

“Atas momentum ini kami mengucapkan terima kasih pada anggota KPDS. Kedepan mari saling bergandengan tangan dalam memajukan kepariwisataan Sijunjung,” tukas Afrineldi.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sijunjung Zefnihan mengatakan, masukan adik-adik kita potensinya sangat bagus. Tapi belum maksimal mengexplorenya.

“Dalam industri kreatif, yang utama adalah keberanian untuk berkarya, jadi berkarya saja, mencari cara promosi yang tepat Insya Allah akan memberikan nilai ekonomi bagi adik-adik”, pungkas Sekdakab Sijunjung sambil mengakhiri.



-Robbie-

About Robbie NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Sempat Diamankan Warga, Pelaku Narkoba ini Diserahkan ke Petugas Kepolisian Polsek Tapung Hulu

TAPUNG HULU,newshanter.com – Seorang pelaku narkoba diamankan warga disebuah warung es dawet ...