Home / Lampung / Disinyalir Minimnya Pengawasan Oleh UPTD Pendidikan Wilayah IV, Rehabilitasi Terkesan “Asal Jadi”

Disinyalir Minimnya Pengawasan Oleh UPTD Pendidikan Wilayah IV, Rehabilitasi Terkesan “Asal Jadi”

WAY KANAN, Newshanter.com –
Diduga minimnya pengawasan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Provinsi Lampung Wilayah IV, sejumlah pelaksanaan pembangunan gedung maupun rehabilitasi ruang belajar siswa, terkesan asal jadi.

Padehal jelas sebagai perpanjangan tangan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Lampung, sudah sepatutnya UPTD Pendidikan Wilayah IV melakukan pengawasan agar pembangun yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 Bidang Pendidikan itu dapat lebih baik mutu dan kualitas nya.

Seperti contoh di SMA N 2 Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar tahun 2020 mendapatkan DAK yang bersumber dana dari APBD Provinsi. Dari hasil investigasi awak media di SMA tersebut, sejumlah komponen pekerjaan diduga tidak sesuai standar kontruksi bangunan.

Pasalnya dari item – item pekerjaan nampak bagian limas atas, diduga tidak dipelester, begitu pula teras depan ruang kelas (antara dinding bangunan dengan tiang) yang direhabilitasi tidak dibuatkan cor balok gantung.

Hingga berita ini dilangsir kembali, M. Markus Ali selaku Kepala SMA N 2 Negeri Besar belum memberikan hak jawab nya pada awak media, seputar dugaan pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi yang tidak sesuai standar kontruksi. Meskipun telah dihubungi berkali – kali melalui telepon selulernya, Kepsek tersebut enggan mengangkat.

Konfirmasi tertulis pun telah disampaikan melalui WhatsApp miliknya, namun lagi – lagi Kepsek tidak membalas.

Ketika diminta tanggapannya melalui WhatsApp, Mat Soleh UPTD Pendidikan Provinsi Lampung untuk Wilayah IV, menyampaikan ucapan terima kasih atas informasinya.

Disinyalir tindakan oknum Kepsek yang tidak memacu Permendikbud No 1 Tahun 2019. Tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Fisik Pendidikan. Karena minimnya pengawasan oleh pihak UPTD.

Atau mungkin faktor ketidaktahuan P2S tentang teknis bangunan, seharusnya panitia wajib memahami, baik itu gambar teknis, Rencana Anggaran Biaya (RAB), jadwal pelaksanaan pekerjaan, dan rencana.
(Dam/tim)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Erik Diduga Jadi Korban Penganiyayaan Oknum Polisi

LAMPUNG UTARA, Newshanter.com – Usai berenang bersama anak dan ponakannya korban mengalami ...