Home / breaking / Hadiri Rapat Koordinasi Pembuatan Embung dan Sekat Bakar, Ini Yang di Sampaikan Kapolsek Pangkalan Lesung

Hadiri Rapat Koordinasi Pembuatan Embung dan Sekat Bakar, Ini Yang di Sampaikan Kapolsek Pangkalan Lesung

PELALAWAN,NEWSHANTER.com – Kapolsek Pangkalan Lesung, Nazaruddin SE hadiri rapat Koordinasi dan Peninjauan Pembuatan Embung Sekat Bakar di Aula Kantor PT. Musim Mas (MM) desa Batang Kulim Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Kamis (30/7/2020).

Rapat koordinasi tersebut bertujuan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan hutan (Karhutla) di kawasan PT. MM juga dihadiri oleh Kapolsek Kapolsek Pangkalan Kuras Kompol Ahmad, Camat Pangkalan Kuras Firdaus Wahidin M.Si , Camat Pangkalan Lesung H. Adnan, S.H, Koramil 04 Pangkalan Kuras Kapten Inf. Masrah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan diwakili oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup Davis, Kepala Dinas Perkebunan dan Pertenakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan di wakili oleh Kepala Bidang Produksi Athar dan Perwakilan Perusahaan Musim Mas.

Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut.
1. Pembukaan oleh Manager PT. MM.
2. Sambutan dari Kepala DLH
3. Paparan proses pembuatan embung dan sekat bakar oleh pihak Perusahaan MM.
4. Sambutan oleh Kepala Dinas Lingkungan dan Pertenakan.
5. Penyampaian himbauan oleh Kapolsek Pangkalan Lesung terkait Karhutla.
6. Peninjauan pembuatan Embung dan Sekt Bakar ke lokasi.

Pihak Perusahaan MM dalam kesempatan tersebut mengatakan pembuatan Embung yang telah selesai dikerjakan sebanyak 46 Embung di areal Hak Guna Usaha (HGU) PT. MM di wilayah Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Pangkalan Lesung. Dan untuk Sekat Bakar sudah selesai dikerjakan sepanjang lebih kurang 20.000 Meter.

Kepala Disbunak Kabupaten Pelalawan diwakili oleh Kabid TLH, Athar menegaskan dengan adanya Embung dan Sekat Bakar yang di raja oleh Pihak MM tersebut dapat untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla baik di dalam HGU maupun di Luar HGU dan dilingkungan sekitar perusahaan.

“Sangat diharapkan juga pihak perusahaan agar melibatkan masyarakat sekitar untuk mengantisipasi terjadinya karhutla,” tegas Athar.

Sementara itu, Kapolsek Pangkalan Lesung Nazaruddin SE dalam kesempatan itu juga mengapresiasi kegiatan yang di taja oleh PT. MM dan menyampaikan himbauan terkait antisipasi karhutla.

“Dalam pembuatan Embung sangat kita tekankan kepada perusahaan agar memperhatikan lahan yang digunakan. Intinya Legalitas dan posisinya harus Pas”, kata Nazaruddin.

Terkait asal sumber mata air Embung, sambung Nazarudin diharapkan tidak merugikan masyarakat dalam beraktivitas misalnya nelayan menangkap ikan.

“Dan di harapkan juga untuk pembuatan Embung dan Sekat Bakar tersebut harus sesuai kebutuhan dan ketentuan hukum berlaku serta dengan pengawasan rlpihak terkait,” tutup Nazarudin.

Giat berakhir Pukul 14.00, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan lancar.***(ang).

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ini Sosialisasi yang terus di Laksanakan Polsek Pangkalan Kuras di Wilayah Hukum nya

PELALAWAN, NEWSHANTER.com – Seperti biasa, Polsek Pangakalan Kuras terus dan kembali melaksanakan ...