Home / Lampung / DPD. JPKP Way Kanan Dampingi Pasien “Gizi Buruk”

DPD. JPKP Way Kanan Dampingi Pasien “Gizi Buruk”

WAY KANAN, newshanter.com –
Dewan Pimpinan Daerah Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (DPD. JPKP) Way Kanan, tanggapi laporan orang Tua Balita penderita yang diduga gizi buruk.

Keluhan Rustam Warga Kampung Tanjung Dalom, Kecamatan Bumi Agung, ayah dari Balita tersebut, disambut langsung oleh Hamdari selaku Ketua yang didampingi beberapa awak media, Rabu malam 27/5/2020 lalu.

Dengan tanggap segenap pengurus DPD JPKP Way Kanan langsung survei kerumah pasien (Balita) yang berinisial RH tersebut guna mengecek dan melihat keadaan pasien itu.

“Kami sudah melihat secara langsung balita yang diduga menderita gizi buruk tersebut ,setelah bermusyawarah dengan keluarga, kemudian kami dari JPKP langsung kordinasi ke pihak terkait, ‘ Yakni perangkat Kampung serta Bidan Desa setempat, jelas Hamdari.

Dia (Hamdari) kala itu pula meminta pada DPC. JPKP yang ada di Bumi Agung, untuk membantu dan memfasilitasi proses pengobatan balita yang dianggap gizi buruk.

Atas instruksi Hamdari, Kamis pagi 28/05/2020. Petrus Sumarno anggota DPC. JPKP Bumi Agung langsung siaga untuk mendampingi serta membawa Balita berinisial RH ke Puskesmas Bumi Agung.

Saat itu pula Dian salah seorang Bidan yang bertugas di Puskesmas, setelah memberikan tindakan, RH akhirnya diruzuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA), beber Ketua DPC. JPKP Bumi Agung.

Labih lanjut Petrus Sumarno DPC. JPKP Bumi Agung menceritakan, sesampainya di RSUD ZAPA, Balita tersebut langsung ditangani dan di periksa oleh dokter spesialis anak.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, ternyata RH bukan menderita gizi buruk, melainkan hanya gizi kurang saja.

Dari keterangan pihak RSUD. ZAPA, dampak dari pola makan yang kurang teratur atau belum pada waktunya, namun setelah di cek di buku posyandu nya RH (Balita) ini mengalami perkembangan yang baik, setelah di periksa dan di berikan obat balita rehan berikut orang tuanya di perbolehkan pulang karena menurut pihak RSUD. ZAPA, RH belum perlu di rawat inap, Kata Petrus Sumarno anggota DPC. JPKP yang juga sebagai perangkat Kampung setempat.

Setiba dirumah RH putra dari Rustam, selang beberapa waktu, datanglah Sri dari Puskesmas Bumi Agung untuk memberikan Balita itu, Susu serta vitamin dan selanjutnya, RH di serahkan pada bidan kampung agar selalu diberi pengawasan dan pendampingan agar RH dapat kembali pulih dan sehat, tutur Petrus Sumarno.
(Dam)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Plt. Bupati Lampung Utara Hadiri Penyerahan Sertifikat PTSL Oleh BPN

LAMPUNG UTARA, newshanter.com – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lampung Utara ...