Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / 10 Tenaga Medis di Agam Positif Copid-19

10 Tenaga Medis di Agam Positif Copid-19

Agam.newshanter.com. Lima tenaga medis di Kabupaten Agam, Sumatera Barat positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19
Lima petugas kesehatan itu dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang yang kami terima pada Selasa malam,” kata Bupati Agam Indra Catri.

“Dengan penambahan itu, sepanjang kamis ada sebanyak lima tenaga medis yang bertugas di Agam yang positif terpapar covid 19 dengan rincian empat orang bertugas di Puskesmas Baso dan satu bertugas di Puskesmas Lasi,” ujar Indra Catri.

Menurut Bupati Agam H.Indra Catri melalui WA Jumat (08/05/201) menyatakan, awalnya pada kamis siang, ada empat tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Baso yang positif terpapar Covid 19. Jumlah itu merupakan hasil swab dari 47 sampel swab petugas puskesmas Baso yang di swab ulang.

Sedangkan sorenya ia kembali menerima hasil swab tenaga medis dari Puskesmas Lasi.

“Dengan penambahan itu, sepanjang kamis (07/05/2020) kemarin ada sebanyak lima tenaga medis yang bertugas di Agam yang positif terpapar covid 19 dengan rincian empat orang bertugas di Puskesmas Baso dan satu bertugas di Puskesmas Lasi,” ujar Indra Catri.

Namun dari lima petugas medis yang bekerja di Agam itu dua orang diantaranya tinggal dan ber-KTP Bukittinggi dan tiga lainya tinggal di Agam.

Selain itu ada pula satu tenaga medis warga Agam yang bertugas di RSAM Bukittinggi juga dinyatakan positif terpapar covid 19. Dengan adanya penambahan itu, maka sudah ada sepuluh tenaga medis di Agam yang positif terpapar covid 19.

Para tenaga medis yang terpapar itu merupakan hasil tracking pasien dalam pengawasan (PDP) yang positif atas nama “AG” yang sebelumnya pernah di rawat di Puskesmas Baso.

Pada tacking lavel II ada 71 sampel swab yang di kirim laboratorium Unand untuk di teliti. Hasilnya diperleh 5 orang tenaga medis positif terpapar covid 19. Sedangkam sisanya ada yang negatif dan ada yang perlu dilakukan swab ulang.

Hasil swab ulang itu ternyata ada pula lima petugas medis lainya yang dinyatakan positif covid 19 sehingga total tenaga medis Kabupaten Agam yang telah terkonfirmasi positif covid-19 itu berjumlah 10 orang.

Menyikapi hal itu pemerintah kabupaten Agam bersama tim gugus tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Agam bergerak cepat untuk melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak dengan tenaga medis yang positif itu kemufian memgabil lendor tenggorokanya untuk dikirim ke laboratorium Unand.

Selain itu juga dilakukan penyemprotan disindefektan di rumah tenaga medis tetsebut.

Pada kesempatan itu Indra Catri juga menghimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaanya akan ancamam covid 19 itu dengan cara disiplin memakai masker, menjaga jarak dan berdiam diri dirumah jika tidak ada kepentingan mendesak umtuk keluar rumah.(Tim)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...