Home / breaking / 155 Lansia Terima Bantuan Progres LU▪️Diserahkan oleh Bupati Ogan Ilir. ▪️Senilai 2,7 juta per lansia.
Dari kiri ke kanan.. Sekretaris LKS LU Mekar Ayu Khoiriah YS, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam, Sekda Ogan Ilir Herman, Ketua LKS LU Mekar Ayu Nazuah, Kadinsos Ogan Ilir Irawan Sulaiman. sENIN (10/05/2020) FOTO kys

155 Lansia Terima Bantuan Progres LU▪️Diserahkan oleh Bupati Ogan Ilir. ▪️Senilai 2,7 juta per lansia.

Ogan Ilir. Newshanter.com.DALAM UPAYA untuk memenuhi kebutuhan lanjut usia
pada situasi darurat akibat meluasnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19), Kementerian Sosial (Kemensos) RI melakukan strategis dan terarah agar kelangsungan kehidupan lansia tetap terjamin, salah satunya melalui pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) Tahun 2020.

Bantuan sosial Progres LU senilai Rp. 2.700.000,- per lansia ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ogan Ilir, H.M. Ilyas Panji Alam di ruang kerjanya Senin (11/5) kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Mekar Ayu dan Kasih Bunda agar segera mendistribusikan bantuan Progres LU tersebut kepada para lanjut usia yang sudah ditetapkan nama-nama penerimannya.

“Bantuan ini adalah upaya pemerintah untuk membantu masyarakat lanjut usia di tengah wabah virus corona. Semoga apa yang kita lakukan bisa meringankan dan membantu kelangsungan hidup lansia,” ujar Ilyas usai penyerahan bantuan. Dalam penyerahan bantuan tersebut, Bupati Ogan Ilir didampingi Sekda Ogan Ilir H. Herman, SH. MM., Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Ogan Ilir H. Irawan Sulaiman, S.Sos. MSi., Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Sosial Dinsos Ogan Ilir Hj. Sri Minarni, SH. MSi.

Dalam kesempatan itu, Kadinsos Ogan Ilir H Irawan Sulaiman mengatakan bahwa penyaluran bantuan Progres LU dari Kemensos RI ini dilaksanakan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) “Budhi Dharma” Bekasi pada Tahun 2020, yang kemudian pendistribusiannya kepada lansia disalurkan oleh LKS LU. “Untuk di Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 155 lanjut usia yang berhak menerima bantuan melalui LKS LU Mekar Ayu dan Kasih Bunda,” kata mantan Kabag Kesra Ogan Ilir ini. Ia juga menyatakan dari 155 lansia tersebut, sebanyak 110 lansia di salurkan oleh LKS LU Mekar Ayu dan 45 lansia oleh LKS LU Kasih Bunda.

Sementara Ketua LKS LU Mekar Ayu, Nazuah, S.Ag., menjelaskan dalam pelaksanaan penyaluran bantuan Progres LU dalam masa tanggap darurat covid-19 biaya per lansia senilai 2,7 juta adalah bantuan dalam bentuk uang yang selanjutnya dapat dibelanjakan sesuai kebutuhan lansia dengan memperhatikan penggunaan uang diprioritaskan bagi lansia dalam menghadapi penyebaran wabah Covid-19.

Alumni IAIN Raden Fatah Palembang ini menjabarkan rincian dana tersebut yakni untuk Bantuan Bertujuan (Bantu LU) senilai 1,5 juta, Perawatan Sosial dan Terapi 700 ribu, dan Dukungan Sosial Keluarga 500 ribu. “Bantu LU diserahkan dalam 3 tahap. Tahap pertama sedang kita laksanakan di bulan Mei ini. Kemudian tahap kedua dan selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan. Dan program ini juga akan berakhir di bulan September 2020,” ujar Nazuah.

Lebih lanjut dijelaskan putri asal Muara Penibung ini, dalam pelaksanaan penyaluran bantuan kepada lansia, LKS LU dibantu oleh tenaga pendamping yang juga akan melakukan perawatan sosial terhadap lansia. Setiap tenaga pendamping menangani 10 atau hingga 15 lansia. Perawatan sosial dilakukan oleh Pendamping dari LKS LU untuk membantu, mendampingi keluarga lansia dalam melakukan aktifitas sehari-hari khususnya dalam situasi tanggap darurat Covid-19. Pendamping perlu memastikan social distancing, mencuci tagan dengan sabun, membersihkan area tempat tinggal dari sampah dan cairan di lantai yang basah diberlakukan di lingkungan lanjut usia, untuk menghindari penyebaran covid-19 dan lain-lain. (kys)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

KOREM 044/GAPO GELAR OLAHRAGA BERSAMA WARTAWAN

Palembang,Newshanter.com – Mempererat silaturahmi PWI Sumsel dan Korem 044/Gapo mengadakan olahraga bersama, ...