Home / Aceh / Wartawan Di Ibaratkan Seorang Ratu

Wartawan Di Ibaratkan Seorang Ratu

Medan
NewsHanter.com
Beberapa orang Wartawan dari Aceh Tamiang menggelar Pelatihan Jurnalis yang diadakan di Stadion Cafe Medan Teladan mulai hari Jumat sampai Hari sabtu (28,29/02/2020).
Sabtu,(29/02/2020).

Dalam Pelatihan Jurnalis menghadirkan Dua Orang Narasumber yakni”, Fakhruddin alias Kocu beserta Baringin Pulungan.

Acara Pelatihan Jurnalis tersebut, Banyak Ilmu ke wartawanan yang diberikan Para Narasumber Agar Dapat Menulis Berita dengan baik.

Saat Fakhruddin menyampaikan bahwa, “sebagai wartawan harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang wartawan yang profesional,dan seorang wartawan di ibaratkan seorang ratu”.

Fakhruddin Alias Kocu juga mengatakan, “mengapa seorang wartawan di ibaratkan sebagai “Ratu Dunia”, karena apa saja yang ditulis oleh seorang wartawan akan dapat mempengaruhi pembaca media.

Kalau wartawan dalam tulisannya terus menerus membuat berita yang memuji, maka setiap pembaca diseluruh dunia akan ikut memuji. Begitu juga sebaliknya, jika seorang wartawan dalam setiap tulisan terus menerus membuat berita tentang kebencian ataupun keonaran, maka setiap pembaca didunia akan ikut terprovokasi karena informasi yang disajikan wartawan tersebut. ucap Kocu.

“Intinya adalah, apa saja yang ditulis seorang wartawan,akan dapat mempengaruhi setiap orang setelah membaca berbagai informasi yang diperoleh, baik itu dari media cetak, media online ataupun media elektronik.

Karena itu,seorang wartawan harus profesional, bertanggung jawab, beriman dan bertaqwa dalam menjalankan tugas dan profesinya sebagai insan pers, karena jasanya sangat besar dalam membangun dunia.
Namun, apabila wartawan suka membuat berita atau memberikan informasi penuh dengan keonaran, tidak profesional, tak jujur, tidak bertaqwa dan berakhlak, maka sosok wartawan itu bisa merusak dunia. ujar Kocu.

profesi Wartawan atau Pers, sebagai lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang pengumpulan dan penyebaran informasi mempunyai misi turut serta mencerdaskan bangsa, menegakkan keadilan.

Dalam melaksanakan tugasnya, Pers/Wartawan harus mengedepankan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, sehingga konfirmasi dan klarifikasi merupakan hal penting.

Media informasi merupakan bagian dari fungsi Pers dari dimensi idealisme. Informasi yang disajikan merupakan berita-berita hasil seleksi dari berbagai sumber yang masuk ke meja redaksi, sehingga mengemban fungsi positif bagi kemajuan masyarakat dan bertanggungjawab menyebarluaskan informasi tersebut. Sebut kocu.

Pers juga memiliki fungsi sebagai media pendidikan, entertainment, kontrol sosial dan lembaga keuntungan materi sebagai tujuan akhir, maka konsekuensinya, harus menyajikan informasi menarik dan disenangi pembaca. tutur Kocu.

Sementara Narasumber Drs Baringin Pulungan Banyak menyampaikan Hal yang berkaitan dengan Cara atau tekhnis Menulis Suatu berita yang memiliki 5W dan 1 H. (JAZ 007).

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Memperingati Hari Kemerdekaan Ke-75 RI, Ditlantas Bagi 1000 Masker Merah Putih

Banda Aceh NewsHanter.com Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dan ...