Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Kerinduan Masyarakat Nagari Kototuo IV Koto Terobati Dengan di Resmikannya Kantor Walinagari oleh Bupati
Bupati Agam Indra cATRI dt mALAKO nSN pUTIH BERFOTO BERAMA DEPAN KANTOR WALI NAGARI KOTOTU0/ FOTO ISTMEWA/FB

Kerinduan Masyarakat Nagari Kototuo IV Koto Terobati Dengan di Resmikannya Kantor Walinagari oleh Bupati

Agam. Newshanter.com– Mayarakat Nagari Kototuo Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam Sumatera Barat yang sudah lama merindukan sebuah kantor walinagari akhirnya terwujud, Sabtu (11/01/2020) Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, meresmikan Kantor Wali Nagari Kototuo yang terletak di Pakan, antata Jorong Lurah, Koto Baru dan Pakan Usang

Acara peresmian itu ditandai dengan penguntingan pita oleh bupati didampingi oleh ibu Vita kemudian diteruskan dengan makan bajamba samba duo dan pangek ampok masakan ciri khas masyarakat kototuo IV KOto. Tampak hadir dalam peresmian Camat IV Koto, Wali nagari Kototuo dan itu Kepala OPD Pemkab Agam, Niniak Mamak dan Tokoh Masyarakat Kototou Tuo, serta Masyarakat Kenagarian kototuo dari tujuh jorong, Galudua, Pakan Usang, Kotobaru, Lurah, Caruak, Kapalao Koto dan Kototinggi.

Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah sambutannya,mengapresiasi masyarakat Koto Tuo, yang telah memiliki dua bangunan, yang akan menjadi simbol dan kebanggaan di nagari tersebut.“Selain kantor wali nagari, juga memiliki pondok tahfizh. Jarang ditemui masjid yang megah memiliki pondok tahfiz sebagus ini,” ujarnya.

Di samping menjadi kebanggaan, bupati mengharapkan keberadaan bangunan ini tidak membuat malu. Untuk itu, ia meminta masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin, dan mencari guru mengaji yang “santiang” dalam mengajar anak.

Ia mengingatkan, dalam mengajar anak mengaji jangan minta bantu kepada pemerintah untuk membayar gaji guru mengaji, karena ini tanggung jawab orang tua.

Bupati mengharapkan agar kantor nagari digunakan untuk menyusun aturan, bagaimana anak kemenakan bisa hidup tertib, terlepas dari kelaparan, terlepas dari ancaman, jauh dari penyakit, bagaimana menyejahterakan anak kemenakan, bebas kemiskinan, dengan cara membuat aturan adat salingka nagari.

Setelah peresmian Kantor Walinagari Bupati Indra Catri meresmikan Pondok Tafiz Alquran Masjid Almubarak, yang tertelah dimasjid Almubarak Jorong Pakan Usang berjarak sekira 200 meter dari Kantor Walinagari.

Pro dan Kontra

Kantor walinagari berlantai dua ini dibangun dua tahap, mulai di bangun 2018, sebelum sempat menjadi pro dan kotra di tengah masyarakat. karena beredar isue miring ditengah masyarakat Kototuo, bahwa tanah yang terletak di Pakan, untuk pembangunan kantor walinagari yang dibeli, merupakan tanah sangketa, sehingga pembangan kantor walinagari tertunda.Ada pihak yang merasa punya hak atas tanah tersebut dan menghalangi pekerjaan tersebut. Bahkan menurut beberapa ninik mamak nagari Kototuo dan masyarakat pembangunan kantor walinagari dibangun tanpa musyawarah dengan para ninik mamak.

Namun Walinagari Kototuo IV KOto Efendi DT Panggeran membantah hal tersebut sebenarnya pembangunan gedung wali Nagari tersebut tidak terhenti tetapi belum dimulai, kita hanya butuh dukungan dari perangkata nagari dan ninik mamak saja, memang ada beberapa hal yang menjadi kendala, akan tetapi bukan antara kita pembeli dan penjual tanah tempat kantor, tetapi ada urusan internal antara pihak penjual dan kita sudah memberi waktu pada pihak tersebut untuk menyelesaikannya” ujar Effendi Dt Pengeran kepada newshanter.com. ketika itu

Effendi Dr Pengeran juga menambahkan, dengan kondisi anggaran yang terbatas, pembangunan kantor nagari akan di bangunan dalam dua tahap, pembagunan Gedung tersebut direncanakan berlantai dua, tahap pertama lantai dasar dan tahap kedua baru lantai dua, dan diperkirakan sampai selesai bisa menghabiskan dana hampir 1 miliar rupiah..

Sejumlah masyarakat kototuo ketika diwawancarai Newshanter.com, mengaku senang dengan di resmikanya Kantor WAlinariyang cukup megah ini.”Karena Sejak dicanangkannya kembali ke pemerintahan nagari, nagari kototuo kantor walinagarinya menumpang pada Balai Adat Nagari Koto Tuo. kini kito alah punyo kantua walinagari” pungkas Tanmudo.(Yus Ernawati)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Menerapkan Protokol Kesehatan, Pemdes Air Terjun Bagikan BLT-DD Tahap IV, V dan VI

PELALAWAN, NEWSHANTER.com – Pemerintah Desa Air Terjun, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan ...