Home / SUMSEL / Banyuasin / UPT Dukcapil Betung-Suak Tapeh Penyerahan Simbolis, Kartu Identitas Akte Kematian, KK, Suket KTP, dan Akte Kelahiran

UPT Dukcapil Betung-Suak Tapeh Penyerahan Simbolis, Kartu Identitas Akte Kematian, KK, Suket KTP, dan Akte Kelahiran

Banyuasin, Newshanter.Com– Permudah pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuasin telah membuka  Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Kepala UPT Dukcapil Betung- Suak Tapeh, Asmiran SKM, MSi menyampaikan bahwa telah dibukanya UPTD di kecamatan Betung untuk melayani Pembuat Surat Indentitas Warga berupa surat akte kamataian, Akte kelahiran, Kartu keluarga(KK), Suket KTP, dan surat Pindah Masuk  agar tidak ada penumpukan di Kantor Disdukcapil sudah bisa kita layani di Kecamatan Betung.

 Asmiran,  juga menginformasikan bahwa UPTD akan melayani pembuatan Kartu Keluarga (KK) berdasarkan Undang Undang Kependudukan harus ditandatangani oleh  pejabat catatan sipil (Kadisdukcapil) atau UPTD.

“Masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa KK yang dahulunya ditandatangani oleh Camat, berdasarkan peraturan kependudukan baru harus ditandatangani Kadisdukcapil atau UPTD,” jelasnya di Kantor UPTD dukcapil, Senen (14/10/2019).

Lanjutnya UPTD  Betung melayani 2 kecamatan Betung dan Suak tapeh  akan dilayani oleh satu UPTD. Menurutnya selain untuk menghindari penumpukan di Disdukcapil, dibukanya UPTD agar masyarakat mudah menjangkau pelayanan pembuatan KK dan indentitas lainya.

“Pejabat UPTD berwenang menandatangani KK.  sesuai aturan dan kalau tidak melaksanakan akan mendapat sanksi dari Kemendagri, dalam pembuatan KTP untuk saat ini keterbatasan belangko seluruh Indonesia , KTP kita buatkan Suket ( surat Keterangan ) sampai belangko ada nanti kita buatkan E KTPnya,” katanya

Dari UPTD Dukcapil Betung-Suak tapeh hari ini secara simbolis Menyerahkan Surat Akte Kematiuan, Kartu Keluarga, Akte kelahiran dan Suket E-KTP ( Surat keterangan E-KTP) kepada masyarakat yang diberikan langsung oleh Camat Betung, M.Sobir, S.Sos, didamping Sekcam Yudi Santoso, S.Sos, MM, Lurah Betung, Gunawan SKM, Kadus Bukit, Tokoh Masyarakat dan Warga kelurahan Betung.

Asmiran Menambahkan, “ bahwa untuk UPTD kecamatan, Betung- Suak tapeh mengharapkan pada masyarakat yang belum ada indentitas kependudukan dan lainnya segera datang dank ke kantor UPT Betung dalam pembuatan tidak dipungut biaya semuanya gratis.Katanya.

Camat Betung M Sobir, S. Sos di damping Lurah Betung, Gunawan , SKM dan UPTD Dukcapil Betungsaat dikonfirmasi mengatakan dengan berdirinya UPTD dukcapil Betung, masyarakat tidak susah-susah Ke Dukcapil Banyuasin, Cukup di UPTD Dukcapil kecamatan, pertama menyingkat waktu berurusan, kedua mengurangi Biaya untuk transport ke kabupaten lagi.

Kebutuhan masyarakat secara aplikasi sudah terpenuhi, yang kita masih kurang untuk belangko E- KTP, saat ini masih kekurang 16 juta KTP, namun saat ini masih diusahakan, jadi sementara Masyarakat untuk E-KTP memakai Suket, nanti baru dig anti dengan E- KTP.

“ kita menghimbau masyarakat kecamatan betung belum ada identitas Diri,  agar segera melengkapi indentitas diri masing-masing, kekantor camat Betung dengan membawa data dari desa untuk selanjutnya di proses di UPTD dukcapil kecamatan Betung, sekali lagi dalam proses pembuatan tersebut tidak di kenakan biaya atau gratis, “ Tegasnya.(heri Chaniago)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Terjadi Peningkatan Perceraian Karena Faktor Ekonomi dan Karena Masa Pandemi Covid-19

Palembang,newshanter.com – Dalam dialog Interaktif yang diselenggarakan DPD Kaukus Politik Perempuan Indonesia ...