Home / breaking / Aksi Demo Mahasiswa di Payakumbuh Berjalan Damai

Aksi Demo Mahasiswa di Payakumbuh Berjalan Damai

PAYAKUMBUH, Newshanter.com – Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota menggelar aksi demonstrasi di gedung DPRD Kota Payakumbuh, Kamis (26/09/2019). Mahasiswa menyampaikan tuntutannya menolak revisi UU KPK.

“Revisi UU KPK melemahkan independensi KPK karena diletakkan dalam rumpun eksekutif. Belum lagi pasal-pasal lain yang melemahkan KPK seperti keberadaan Dewan Pengawas yang lebih berkuasa dari Pimpinan KPK. Makanya kami secara tegas tolak revisi UU KPK!,” ujar Juru Bicara Aliansi Mahasiswa Payakumbuh Limapuluh Kota, Bayu Andika.

Ketua BEM STIH Putri Maharaja Payakumbuh itu juga mensinyalir pelemahan KPK dilakukan melalui pemangkasan kewenangan penyelidikan dan penyadapan.
“Penyelidik tak bisa lagi mengajukan pelarangan seseorang ke luar negeri. Belum lagi penyadapan menjadi lebih sulit karena lapis birokrasi serta tidak dapat lagi dilakukan pada tahap penuntutan,” tutur Bayu.

Secara tertulis, ada beberapa tuntutan mahasiswa. Pertama, meminta DPR RI melakukan peninjauan kembali UU KPK ke MK. Kedua, mendesak DPR RI untuk membatalkan pembahasan RKUHP dan RUU Pertanahan serta RUU lain yang tidak pro rakyat.

Ketiga, mengadili pelaku pembakar hutan temasuk korporasi yang mendalanginya. “Kami mendesak DPRD Payakumbuh untuk setuju dengan tuntutan kami dan segera menyampaikan tuntutan kami ke pusat,” ucap Bayu Andika.

Smentara itu Ketua Sementara DPRD Kota Payakumbuh, Hamdi Agus yang menerima perwakilan mahasiswa di Ruang Sudang Utama DPRD Payakumbuh bersama sejumlah anggota DPRD menyebutkan bahwa sejumlah aspirasi Mahasiswa itu mereka terima dan telah diteruskan ke DPR-RI.

” Aspirasi yang disampaikan kepada kami terkait sejumlah hal, baik tentang Revisi Undang-undang KPK, Agraria serta penanganan kabut asap telah kami terima dan telah kami kirimkan ke Pusat.” Ujar Politis PKS itu usai menerima perwakilan mahasiwa.

Koordinator Lapangan Aksi Damai itu, Ahmad Rozali menyebutkan bahwa mereka akan terus mengawal aspirasi yang telah disampaikan kepada wakil rakyat tersebut.

” Kami akan kawal terus aspirasi yang telah kami sampaikan tersebut.” ujarnya.

Berikut Tuntutan Aliansi Mahasiswa tersebut :
1. Memintak Dewan Perwakilan Rakyat Republik
Indonesia untuk mengajukan peninjauan kembali ke
Mahkamah Konstitusi
2. Mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Republik
Indonesia untuk membatalkan pembahasan RKUHP,
RUU Pertanahan, dan RUU lain yang tidak pro rakyat.
3. Mengadili pelaku pembakar hutan termasuk korporasi
yang mendalanginya.
4. Mendesak DPRD Kota Payakumbuh setuju dengan
tuntutan kami, dan segera menyampaikan tuntutan
kami ke pusat.

Usai penyampaian aspirasi tersebut, ratusan massa baik dari Aliansi Mahasiswa maupun Siswa SLTA membubarkan diri. Aksi demonstrasi berjalan lancar dan damai.(*)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Polsek Tapung Hulu Tangkap Pelaku Curanmor dan Penadah Motor Curian

TAPUNG HULU,newshanter.com – Unit Reskrim Polsek Tapung Hulu tangkap seorang pelaku Curanmor ...