Home / breaking / Toke Gambir 50 Kota Datangi Kantor DPRD Keberaratan Penambahan (PPN) sebesar 10 Persen setiap melakukan transaksi jual beli.

Toke Gambir 50 Kota Datangi Kantor DPRD Keberaratan Penambahan (PPN) sebesar 10 Persen setiap melakukan transaksi jual beli.

Limapuluh Kota, Newshanter.com— Kantor Wilayah DJP Sumatera Barat dan Jambi melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh mengundang para perwakilan toke Gambir se-Limapuluh Kota di kumpulkan di kantor Bupati Bukik Limau Sarilamak kecamatan Harau Pada,Senin(19/8/2018) Siang.

Dampak dari pertemuan yang diundang para wajib pajak dari Kantor pelayanan Pratama Payakumbuh belum ada titik temu dan solusi, pasalnya soal penagihan pajak PPN sejak dari tanggal 22 Juli 2014 sampai dengan 2018 berharap untuk di putihkan diantaranya karena memang tidak pernah ada sosialisasi yang melibatkan Pemda Limapuluh Kota sebelumnya.

Setiap pengusaha yang memiliki omset transaksi diatas 4,8 M inilah yang dituntut oleh pajak kepada eksportir setiap tahunnya ,dan ini lah yang dituntut kepada eksportir

Atas undangan yang ditujukan kepada perwakilan toke Gambir Limapuluh Kota ada hal yang membuat para toke Gambir keberatan, yakni diwajibkan membayar pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% dari setiap melakukan transaksi jual beli.

Menurut salah seorag toke gambir, Jika ini diteruskan yaitu mengurus aturan yang disodorkan yang juga disampaikan oleh kantor pelayanan pajak maka akan berimbas terhadap harga pembelian kepada petani oleh toke pengumpul ataupun eksportir.

Pasalnya para toke harus menerima potongan dari Bayer sebesar 10 % dari nilai transaksi jual beli melalui dagang tersebut, maka harga akan dibebankan saat pembelian terhadap petani. dan ini musti mau tidak mau harus kita dilakukan.

Akan tetapi jika persoalan ini terus menerus dipaksakan dengan mengacu kepada aturan perpajakan kita di negara ini, maka toke berkemungkinan tidak akan sanggup lagi membeli Gambir dari petani.

Apabila hal ini terjadi maka hampir bisa dipastikan petani akan mengalami kesulitan akibat produksi komoditi unggulannya tidak ada pembelinya lagi.

“Petani merasa dirugikan, geliat roda ekonomi akan terhenti karena sumber pendapatan masyarakat Limapuluh Kota 60% lebih itu tergantung kepada Gambir hasil perkebunan dan pertanian.” ujarnya.

Akhirnya para toke Gambir wajib pajak tersebut melalui beberapa orang perwakilan Asosiasi Pedagang Gambir Kabupaten Limapuluh Kota menemui Pimpinan DPRD Sementara Deni Asra, yang diterima oleh wakil pimpinan DPRD sementara Wendi Candra DT Marajo, serta anggota DPRD H Irman Tedy dan Khairul Apit.

Didepan pimpinan DPRD Limapuluh kota sementara bersama wakil pimpinan DPRD berharap agar Pemda limapuluh kota juga ikut terlibat aktif dalam mencarikan solusi mengenai tata niaga Gambir saat ini.

Sebab Bayer yang ada sampai hari ini adalah India, Pemda juga akan mendapatkan keciparatan dari pajak yang dikenakan terhadap para toke Gambir ini. Akan tatapi manakala ada muncul persoalan dan kesulitan Pemda pun juga harus ikut membantu Jagan hanya diam tanpa solusi. Pada saat transaksi kepada petani artinya petani pun harus menanggung pajak pertambahan nilai yang di potong oleh para toke.

Menurut Toke Gambir asal kapur IX Santo dan Eka bersama pitro hal serupa juga meski kami lakukan pemotongan pajak kepada para petani, pasalnya demi untuk menutupi PPN yang dikenakan kepada kami para toke.Ini jika kita berlakukan akan menuai kontroversi dari para petani karena akan memangkas harga jual petani kepada para toke.

Bahkan untuk menindaklanjuti kebuntuan dan persoalan para toke Gambir sebagai pengumpul akan mendirikan Asosiasi Pedagang Gambir Limapuluh Kota

Maka disinilah peran dan fungsi dari Asosiasi Pedagang Gambir Kabupaten Limapuluh Kota, sebagai wadah atau alat perjuangan, baik kepada pemerintah maupun kepada pihak Bayer yang mendominasi tata niaga Gambir itu sendiri pungkas Santo kepada newshanter,(mus)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...