Home / breaking / Kelompok Tani Hutan Harapan Maju Hulu Air Juara 1 Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Kelompok Tani Hutan Harapan Maju Hulu Air Juara 1 Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Lima Puluh Kota, Newshanter.com. Kelompok Tani Hutan Harapan Maju Hulu Air Nagari Harau Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, berhasil meraih meraih peringkat 1 lomba Wana Lestari dalam kategori Kelompok Tani Hutan yang diadakan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, 8 Agustus 2019 yang lalu.

Sebagai bentuk Apresiasi untuk pemenang Pemerintah provinsi Sumatera Barat mengundang pengurus kelompok untuk hadir pada tanggal 17 Agustus 2019 dalam upacara HUT RI ke 74 yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur Sumatera Barat sekaligus penyerahan hadiah yang direncanakan serahkan langsug oleh Irwan Prayitno Gubernur Sumaterat Barat.

Putra Delfi. Dt Majo Bosa atau yang biasa dipanggil Dt. Bosa ketua kelompok Harapan Maju Hulu Air saat ditemui di pondok kelompok pada Kamis 15/8/2019 menjelaskan peringkat juara ini sebetulnya tidak ada persiapan khusus, karena dari pihak penilai waktunya tidak ditentukan kesannya mendadak saja. yang jelas kelompok selalu action dan aktif di lapangan.

yang lebih berkesan menurutnya atau yang paling menjadi poin dalam penilaian kelompok tani hutan ini adalah lahirnya kelompok kelompok baru binaan kelompok Tani Harapan maju Hulu Air di lingkungan Hulu Air dan sekitarnya yaitu sebanyak 7 kelompok baru dan semuanya aktif.

“Keberhasilan ini membawa dampak positif bagi masyarakat terhadap pola hidup masyarakat Hulu Air Khususnya dari illegaloging mencari kayu di hutan menjadi penggarap lahan tidur. Luas hutan rakyat yang menjadi garapan kelompok tani Harapan Maju Hulu Air adalah seluas 25 hektar yang telah berhasil ditanami dengan berbagai bibit tanaman tua seperti Petai, jengkol, durian, karet dan pohon mahoni.” papar Dt Bosa

Sesuai dengan visi kelompok yaitu Terciptanya kelompok tani yang modern, partisipatif dan aktif dalam pengembangan ekonomi anggota dan mayarakat, Saat ini kelompok Tani Hutan Harapan Maju Hulu Air, berkonsentrasi pula dalam mempersiapkan diri menuju Desa Organik untuk tahun kedua dalam binaan dinas pertanian Provinsi Sumatera Barat.” di akhir pembicaraan Dt Bosa kepada Newshanter.com (mus)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 Road Safety Policing Tegakan Pergub Dengan Memakai Masker

Palembang,newshanter.com – Tema “Implementasi E-Policing pada fungsi lalu lintas di era digital ...