Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Dandim 0304/Agam Lakukan Penanaman Sejuta Pohon Untuk Antisipasi Bencana Alam

Dandim 0304/Agam Lakukan Penanaman Sejuta Pohon Untuk Antisipasi Bencana Alam

Agam, News Hanter.com- Untuk mengantisipasi Dampak Bencana Alam, Komandan Kodim 0304/Agam kembali melalukan penanaman sejuta pohon di sepanjang Pesisir pantai Tiku di Kecamatan Tanjuang Mutiara Kabupaten Agam, Sabtu (30/3/19)

Dandim 0304/Agam, Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro mengatakan, Penanam puluhan ribu bibit tanaman di sepanjang pesisir pantai Tiku, Agam, atas usulan dari BPBD Agam untuk mengurangi dampak Selain untuk melestarikan lingkungan hidup, juga diharapkan untuk mengurangi dampak terburuk apabila terjadi bencana alam seperti Sunami atau gelombang air laut

Dandim 0304/Agam, Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro juga mengatakan, dihari ini kita menanam 50 ribu bibit tanaman jenis trambesi, akar sakiwangi, cemara laut, pulai, Semua jenis bibit tanaman ini akan ditanam sepanjang pesisir pantai seluas 43 kilometer

Penanaman pohon tersebut juga dihadiri oleh unsur kepolisian dan juga dari unsur Muspida Kabupaten Agam serta dari unsur masyarakat setempat

Proses penanaman sebanyak 50 bibit pohon itu dilakukan secara bertahap sesuai ketersediaan bibit pohon yang ada, namun, ditargetkan akan tertanam dalam beberapa bulan ke depan, tambah Viktor Andhyka Tjokro.

dandim berharap setelah tertanam pohon ini masyarakat dapat memelihara dan menjaga bibit yang sudah ditanam ini, karena kalau tidak kita siap lagi yang akan merawat tanaman ini, tujuannya penanaman pohon ini, jika terjadi bencana seperti Tsunami, dengan adanya pepohonan maka gelombang tsunami tidak terlalu berdampak sampai kepemukiman masyarakat yang ada di sekitarnya.

“Keterlambatan kita mengantisipasi bencana tsunami bisa kita lihat saat terjadi peristiwa Tsunami di Palu, Aceh, Pandeglang dan Lampung. Kita saksikan juga di lokasi yang banyak pohon, korban jiwa dan kerusakan tidak begitu banyak terjadi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Agam melalui Sekda Agam, Martias Wanto juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam akan mengerahkan ASN seperti BPBD, PMI, para relawan dan masyarakat untuk mendukung program penanaman pohon ini sampai target penanaman selesai keseluruhannya.

Kegiatan penanaman pohon itu sudah dimulai Pemkab Agam semenjak enam tahun lalu di daerah rawan longsor, banjir dan lainnya dalam mengantisipasi longsor, tambah Martias Wanto.

Setelah beberapa waktu lalu kita tanam pohon di daerah perbukitan, kini penanaman pohon itu akan kita arahkan di daerah pesisir pantai dalam mengurangi resiko terjadinya bencana tsunami dan abrasi pantai, ucapnya.

“Kita ketahui juga, wilayah Agam merupakan daerah zona merah atau dikategorikan sebagai kawasan rawan bencana. Karena di Agam kita memiliki sungai, laut, bukit, gunung dan lainnya, semoga kegiatan ini berdampak positif untuk mengantisipasi dalam menanggulangi dampak terburuk terjadinya bencana, ” pungkasnya

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Tim Opsnal Polsek Siak Hulu Tangkap Pelaku Pengeroyokan

SIAK HULU,newshanter.com – Unit Reskrim Polsek Siak Hulu amankan salah satu tersangka ...