Home / breaking / Dua diduga Pelaku Pembunuhan dan Permekosa Calon Pendeta di OKI Sumsel herhasil di Tangkap

Dua diduga Pelaku Pembunuhan dan Permekosa Calon Pendeta di OKI Sumsel herhasil di Tangkap

Palembang .Newshanter.com. Tidak sampai satu kali 48 jam jajaran Polda Sumsel Polres Oki dan Polsek berhasil menangkap Hen dan Nang diduga pelaku pembunuhan terhadap Melinda Zidemi (24) yang berprofesi sebagai pengurus gereja sekaligus calon pendeta di Sungai Baung, Kabupaten OKI Sumatera Selatan, dibunuh.

Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI) AKBP Doni Eka Saputra, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (28/3/2019) membenarkan diduga dua pelaku di tangkap.Namun, kapolres belum mau memberikan keterangan identitas para pelaku tersebut.

“Nanti biar Kapolda yang rilis besok ya,” ujarnya singkat.

Sementra Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, dua pelaku pembunuhan terhadap MZ saat ini masih terus diperiksa secara intensif oleh petugas.

Keduanya ditangkap setelah pihak penyidik lebih dulu melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian. Dari keterangan saksi tersebut, petugas akhirnya berhasil menangkap kedua pelaku di kawasan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

 

“Iya alhamdulilah belum sampai 48 jam, tim dari Polda Sumsel, Polres OKI dan Polsek sudah bisa menangkap pelaku inisial Hen dan Nang. Besok setelah bukti dan tersangka merapat ke Polda, kami akan rilis,sekitar pukul 15.00 WIB,” kata Zulkarnain saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Kamis (28/3/2019).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, pemeriksaan awal motif pembunuhan MZ diduga karena asmara sehingga pelaku menyimpan kebencian kepada korban. “Mereka sama-sama satu wilayah (Kabupaten OKI). Diduga ada motif asmara,”kata Kabid Humas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Supriadi saat dikonfirmasi, Kamis (28/3/2019).

 

Melinda Zidemi (24) ditemukan tewas di areal PT PSM Divisi 3 Blok F19, Dusun Sungai Baung, Desa Bukti Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (27/3/2019). Setelah dilakukan visum luar di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, tim Laboratorium Forensik Polda Sumsel  mendapatkan bukti berupa sperma yang diduga milik para pelaku pemerkosaan serta pembunuhan terhadap calon pendeta berinisial MZ (24).

Kombes Pol Supriadi

Supriadi mengatakan, korban diduga tewas setelah mengalami cekikan dileher oleh pelaku. Selain itu, terdapat luka memar di sekitar leher korban hingga menyebabkan MZ tak bisa bernafas.  “Ada bercak sperma ditubuh korban, diduga itu milik pelaku,” kata Supriadi.
Pamit Untuk Pergi Ke Pasar
Melinda Zidemi sebelumnya diketahui pamit untuk pergi ke Pasar Jeti dari Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) Sungai Baung, bersama bocah berinisial NP (9) Senin (25/3/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Keduanya ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Namun, hingga malam hari, Melinda dan NP tak kunjung pulang ke gereja sehingga para jemaat akhirnya memutuskan untuk mencari korban.

“Biasanya jam 5 sudah pulang ke gereja, tapi malam itu kami cemas karena korban sampai malam tak pulang,” kata AM, vikaris di Gereja GKII ketika berada di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, Selasa (26/3/2019).]

Setelah beberapa jam dicari, para jemaat geraja tak kunjung menemukan Melinda. Sekitar pukul 23.00 WIB, mereka terkejut melihat NP pulang seorang diri ke gereja dengan kondisi ketakutan.

“NP mengaku mereka dirampok dan diikat orang. Langsung kami cari dan menemukan Melinda sudah tewas. Kondisinya tidak memakai baju,” ujar dia.

Dari penemuan itu, mereka langsung menghubungi pihak kepolisian hingga akhirnya korban dievakuasi ke klinik kesehatan sebuah perusahaan.Setelah itu, barulah Melinda dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk dilakukan autopsi.

Berencana Menikah Bulan Juni

Rencana Melinda vikaris atau calon pendetauntuk menikah pada Juni 2019 mendatang terpaksa kandas setelah ia ditemukan tewas tanpa busana di areal perkebunan sawit Sungai Baung, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Arisman Manai yang juga vikaris di Gereja GKII mengatakan, Melinda sedang menjalani ikatan dinas sebagai vikaris di Sungai Baung selama dua tahun.

Ia pun mengaku, Melinda sempat ingin meminta izin pada bulan Juni mendatang untuk melangsungkan pernikahan bersama tunangannya di Nias Selatan, Sumatera Utara.

“Baru enam bulan bertugas di sini. Memang dia bilang bulan 6 mau menikah dengan tunangannya di Nias,” kata Arisman saat berada di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang,Selasa (26/3/2019).

Dilanjutkan Arisman, lokasi tempat korban ditemukan memang terbilang sepi dan jauh dari Gereja sekitar 4 kilometer. Selama ini, Melinda memang sering berbelanja ke pasar mengajak muridnya di gereja.

“NP itu muridnya di gereja, memang sering dipasar. Waktu ditemukan tangan dan kakinya diikat semua, punggung korban luka lecet seperti diseret,” ujarnya.

Sementara itu, Anugrah Gaurifa (25) yang merupakan keluarga Melinda juga membenarkan jika korban dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan.

“Iya memang mau menikah sama tunangannya. Melinda sudah 5 tahun di Palembang kuliah di sini. Kalau tugas baru enam bulan,” kata Anugrah.

Menurutnya, selama enam bulan dinas di Gereja GKII Sungai Baung, korban selalu datang ke rumah saudaranya di Lorong Tanjung RT 24 RW 04, Sukabangun Palembang.

“Kalau libur suka main ke rumah, selama kuliah juga begitu. Kami baru dapat kabar pagi tadi,”

Akun media sosial Melinda Zidoni kini dibanjiiri ucapan bela sungkawa atas peristiwa keji ini. Begitu juga akun Facebook tunanga Melinda Zidoni, Feniaro Halawa.(Tim NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

BUPATI KAMPAR LANTIK 4 KEPALA DESA TERPILIH PENGGANTI ANTAR WAKTU ( PAW )

Bangkinang Kota,newshanter.com – Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebanyak 4 Kepala Desa ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC