Home / breaking / Awal Mai 2018 Kereta Api (KA) Bandara Minangkabau Ekspres Beropersi Harga Tiket Rp 10.000.-
foto net

Awal Mai 2018 Kereta Api (KA) Bandara Minangkabau Ekspres Beropersi Harga Tiket Rp 10.000.-

PADANG,Newshanter.com. –Kalau tidak arah malintang Kereta Api (KA) Bandara Minangkabau Ekspres dijadwalkan beroperasi Rabu (02/5/2018), dengan harga tiket Rp 10 ribu saja, sebab disubsidi pemerintah.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno ketika mengikuti rangkaian ujicoba KA Minangkabau Ekspres mengatakan, soft launching dilaksanakan sekitar tanggal 2 Mei 2018 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya. Selanjutnya direncanakan akan diresmikan Presiden Jokowi pada tanggal 8 Mei 2018.

“Semua kelengkapan sudah siap. Nanti soft launching dulu baru pak Presiden meresmikan, namun waktunya masih tentatif,” ungkapnya kepada wartawan.

Irwan menjelaskan, setelah perkenalan keberadaan KA Minangkabau Ekspres dilaksanakan, maka sesudahnya kereta akan beroperasi.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama merealisasikan moda transportasi terintegrasi ini. Kendala awal, pembebasan lahan untuk pembangunan rel dari wilayah Duku menuju BIM sepanjang 3,9 kilometer cukup lama tuntas. Dimulai tahun 2014, tuntas tahun 2016. Bahkan penyelesaiannya sampai ke meja pengadilan.

“Tanah dan rel selesai, lalu ada perubahan lokomotif yang menarik kereta. Awalnya lokomotif Sibinuang, namun ada yang perlu diperbaiki cukup lama. Akhirnya Kementerian Perhubungan mengganti lokomotif baru yang didatangkan dari Kore Selatan,” ujarnya.

Akhirnya, keseluruhan sarana dan prasarana operasional KA Minangkabau Ekspres tuntas akhir tahun 2017. Akan tetapi, untuk operasional ke depan, masih akan terus ada peningkatan layanan. Misalnya, pembangunan ruang keberangkatan BIM yang langsung terkoneksi dengan stasiun kedatangan KA Bandara.

“Angkasa Pura II BIM akan melakukan pembenahan. Nanti pintu keberangkatan yang saat ini jadi pintu kedatangan penumpang pesawat. Lalu pintu keberangkatan berada dekat dengan Stasiun KA Minangkabau Ekspres,” bebernya.

Irwan Prayitno berharap, masyarakat benar-benar memanfaatkan keberadaan kereta menuju bandara. Sebab lebih cepat, hemat, dan efektif.“Angkutan kereta ini lebih murah dibanding angkutan yang lain. Dipastikan tepat waktu, bebas macet,” katanya.

Sementara itu, Kepala PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (KAI Divre), Yuherman menjelaskan, nantinya layanan kereta api menuju BIM tak saja diperuntukkan bagi penumpang KA Minangkabau Ekspres dari Padang. Penumpang kereta api dari Pariaman dan Kayu Tanam, bisa juga diarahkan masuk ke BIM, transit ke stasiun Duku.

Khusus untuk KA Minangkabau Ekspres, jadwalnya beroperasi 5 kali perjalanan bolak-balik dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju BIM. Tarif yang dikenakan pada penumpang hanya Rp10.000. Jarak tempuhnya mencapai 22 kilometer, dengan waktu tempuh KA diperkirakan 30 menit.

“Untuk jadwal KA Minangkabau Ekspres, pasti kita sesuaikan dengan jadwal kedatangan ataupun keberangkatan pesawat,” ungkap Yuherman.

Selain itu, tambah Yuherman, agar layanan interkoneksi moda transportasi ini benar-benar dirasakan masyarakat, ke depan PT KAI juga akan membuka loket check in penerbangan di stasiun kereta api yang dilalui KA Minangkabau Ekspres.

“Kalau penumpang pesawat sudah check in di stasiun, mereka tak perlu lagi mengantri atau terburu-buru,” katanya.

Kereta Api Minangkabau Ekspres dengan dominasi warna hijau, terdiri dari 4 rangkaian kereta. Daya tampungnya, mencapai 393 orang. Rute yang dilewati, mulai dari Stasiun Simpang Haru Padang, Stasiun Tabing, Stasiun Duku, dan Stasiun BIM.(tim)

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...