Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Gubernur Sumbar Resmaikan Kantor Wali Nagari Manggopoh
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat menandatangani prasasti tanda diresmikannya kantor Nagari Manggopoh

Gubernur Sumbar Resmaikan Kantor Wali Nagari Manggopoh

AGAM, Newshanter.com. Selasa (31/10/2017)Gubernur Provinsi Sumatera Barat H. Irwan Prayitno, Dt. Rajo Bandaro Basa, meresmikan Kantor Wali Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam,Peresmian gedung megah tersebut seiring dengan alek nagari yang dibentuk anak nagari, berbagai kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan acara tersebut.

Persemian yang ditandai dengan penandatangan prasasti, dan pengguntingan pita tersebut, dihadiri Bupati Agam diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Agam, Kapolres Agam AKBP Fery Suwandi, SIK, Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, Kepala OPD, Camat Lubuk Basung, Drs. Murni Idrus, Wali Nagari Manggopoh Ridwan, A.Md, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, perantau dan lainnya.

Irwan Prayitno, mengapresiasi pemerintah Kabupaten Agam khususnya Pemerintah Nagari, yang telah membangun kantor walinagari begitu sangat megah. Peresmian kantor yang seiring dengan alek nagari, tentu menjadi ajang mempererat silaturahmi antar sesama.

“Selain peresmian kantor, banyak acara yang dibentuk anak nagari, ini memberikan suatu nilai untuk motivasi tambahan, dan semangat pada masyarakat, bahkan adanya alek nagari membuat kita hidup dinamis dan meriah. Tentu dengan dikaitkan dengan peresmian, insyaallah alek nagari akan memperkuat ekonomi nagari,” ujarnya.

Dikatakannya, pembangunan kantor tersebut perlu diapresiasi, karena pembangunannya dilakukan secara gotongroyong, bahkan beragam dana, dan bantuan lainnya disalurkan untuk kesuksesan pembangunan kantor tersebut. Termasuk adanya dana dari pemrintah provinsi sebesar Rp100 juta, dan banyak lagi seperti pengusaha, masyarakat, semua bergotongroyong sehingga dana pembangunan lebih kurang sebesar Rp1,9 miliar.

“Walaupun sudah terkumpul Rp1,9 miliar, tapi pembangunan kantor nagari masih terdapat kekurangan dana, yang menurut informasi dari nagari lebih kurang puluhan juta lagi. Namun, kita juga mengucapkan terimakasih pada penyumbang dana, dan bantuan lainnya untuk pembangunan tersebut, ” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kalau kita bersatu apa yang diinginkan insyaallah akan tercapai, seperti dikatakan Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah “Basamo Mangko Manjadi”, karena bersamalah pembangunan kantor walinagari itu bisa terjadi, yang berat bisa jadi ringan, susah menjadi mudah.

Namun Gubernur berpesan, kantor megah tidak cukup untuk melayani masyarakat dalam berurusan. Untuk itu, dikantor harus ada Ilmu Teknologi, Teknologi Informasi, komputer, media teknologi informasi guna memudahkan kerja, mempercepat pelayanan, dan urusan, serta mengevektifkan pelayanan pada publik.

Untuk mencapai hal itu, tentu dikuatkan dengan SDM nya, petugas harus ramah dalam melayani masyarakat yang datang, mengurus semua urusan dengan cepat tanpa dibebani biaya, dan hal yang menyulitkan. Jika itu sudah terpenuhi, tentu manfaat gadung megah menjadi terasa, dan masyarakat puas atas pelayanan yang diberikan.

“Dengan demikian, manfaatkan kantor dengan maksimal, dilihat banyak lembaga yang berkantor di sini, dan lembaga itu bisa rapat di tepat yang layak, aman, dan nyaman, bahkan keputusan dibuat bisa menjadi lebih baik berdasarkan kepentingan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut Irwan Prayitno mengatakan, Provinsi Sumatera Barat mempunyai satu misi yaitu melestarikan adat dan budaya, dengan satu contoh alek nagari. Pemprov Sumbar membentuk suatu OPD khusus yang berfungsi mengumpulkan data, dan nilai yang mengandung adat budaya di wilayah tersebut. Ini agar dilestarikan, dan dijaga serta diamalkan dalam diri masing-masing.

“Ini perlu dijaga, kalau tidak kita akan rugi jika aset besar itu hilang begitu saja. Untuk itu mari pertahankan adat, dan budaya kita tersebut,” ujarnya mengajak.

Dikesempatan yang sama, Asisten I Setda Agam Drs. Yosefriawan, mengapresiasi masyarakat Manggopoh yang telah berhasil mendirikan kantor nagari, bahkan pengembangannya dilakukan dengan swadaya masyarakat. Ini mencerminkan semangat kesadaran ba nagari yang tinggi khususnya di Manggopoh.

“Pemerintah daerah menyambut gembira atas pembangunan tersebut, karena nagari sudah memiliki sarana, dan fasilitas untuk menunjang kelancaran berbagai kegiatan masyarakat nagari,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pembangunan kantor tersebut telah melewati proses panjang, dan perjuangan yang berat serta membutuhkan dukungan, baik moril maupun materil dari berbagai pihak. Ia berharap, pengorbanan yang diberikan atas pembangunan kantor nagari yang megah itu hendaknya dapat dibayar melalui pemanfaatan yang sebaik-baiknya,” ujarnya berharap.

Selanjutnya, keberadaan gedung tersebut diharapkan dapat menjawab persoalan sebagai sarana, dan fasilitas pertemuan, dalam memusyawarahkan langkah pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. (AMC/ayu)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ponpes Muqimus Sunnah Rayakan Hari Santri

Palembang,newshanter.com – Dalam rangka memperingati hari santri Pondok Pesantren (ponpes) Muqimus Sunnah ...