Home / breaking / Megawati : Tidak ada lagi tokoh dari Minangkabau yang berani tampil di pusat setelah era kemerdekaan
megawati-soekarnoputri-tengah-menerima-piagam-doktor-yang-diberikan-rektor/ foto net

Megawati : Tidak ada lagi tokoh dari Minangkabau yang berani tampil di pusat setelah era kemerdekaan

Padang, Newshanter,com ,Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia (RI) ke-5, menilai bahwa tidak ada lagi tokoh dari Minangkabau yang berani tampil di pusat setelah era kemerdekaan. Padahal dulunya banyak tokoh Minang yang berani tampil dan bahkan menjadi pemikir pendiri bangsa ini.

“Seperti Minang ini. Banyak lo, tokoh nasionalnya. Tetapi kenapa setelah kemerdekaan itu justru tidak keluar lagi. Saya sengaja membawa salah satu menteri kabinet kerja yaitu Wamen ESDM, Archandra Tahar. Beliau ini anak negeri ini. Saya bilang, tumben ya orang padang ada yang jadi menteri,” kata Megawati di depan ribuan peserta yang hadir dalam Rapat Senat terbuka pemberian penghargaan Doktor Kehormatan di Auditorium UNP Kamis (27/9).

Dikatakan Megawati, banyak dari teman ayahnya (Seokarno, red) yang ia kenal, seperti Mohammad Hatta, KH Agus Salim, dan Bung Syahrir yang merupakan orang Minang. Bahkan, salah seorang tokoh perempuan yang sangat ia kagumi, Rohana Kudus, juga berasal dari Minangkabau.

“Bahkan seorang KH Agus Salim yang tak lepas dari cerutunya, bisa pintar menggunakan tujuh bahasa. Itu lah mereka para pendiri bangsa yang selalu harus ditiru,” terangnya.

Para pendiri bangsa kata Mega sangat percaya terhadap korelasi antara pengetahuan dan politik. Merka percaya bahwa pembangunan sebagai wujud dari demokrasi politik dan ekonomi, wajib berbasis kepada riset dan kajian ilmiah. “Science Based Policy yang bukan dimaknai  teknokrasi semata,” ujarnya.(HLN)

megawati

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ponpes Muqimus Sunnah Rayakan Hari Santri

Palembang,newshanter.com – Dalam rangka memperingati hari santri Pondok Pesantren (ponpes) Muqimus Sunnah ...