Home / breaking / 5000 mahasiwa UNP disiapkan, Untuk Menjaga Pemberian HC Untuk Megawati

5000 mahasiwa UNP disiapkan, Untuk Menjaga Pemberian HC Untuk Megawati

Padang. newshanter.com. Penganugerahan Doktor Honoris Causa (HC) untuk Presiden Indonesia Kelima Megawati Soekarno Putri dari Universitas Negeri Padang (UNP) menuai reaksi pro kontra. Sebelumnya kelompok Forum Masyarakat Minangkabau (FMM) disebutkan melakukan penghadangan atas rencana tersebut.
Terhadap kondisi tersebut, Ketua Alumni Universitas Negeri Padang (UNP) Fauzi Bahar akan menyiapkan 5.000 mahasiswa Fakultas Olahraga UNP untuk mengamankan jalannya acara pemberian gelar Doktor HC yang akan berlangsung RAbu ( 27 /09/2017).
“Saya mendengar kabar dan membaca di media sosial, ada pihak yang ingin menghalangi acara kami yaitu Irfianda Abidin. Kami sebagai alumni tentu tidak ingin almamater kami tercoreng, dan kami juga tidak mau acara kami diganggu,” ujar Fauzi Bahar kepada wartawan, Minggu  (24/09/2017) kemarin di Padang.
Pemberian gelar doktor HC untuk Megawati bukan dilakukan mendadak, melainkan sudah dibicarakan sejak Mai lalu melalui rapat senat yang dihadiri rektor, alumni, wakil rektor, senat dan sejumlah pihak lainnya.
Pemberian gelar doktor ini berdasarkan banyak pertimbangan mulai dari rapat senat, termasuk perhitungan lainnya. Salah satunya, saat menjadi presiden, Megawati menjadi penggagas anggaran untuk pendidikan 20 persen pergantian IKIP jadi UNP dan lainnya. “Kalau ditarik dari genetik Megawati yang ibunya Fatmawati berasal dari Bengkulu, yang konon juga berdarah Minang (kakeknya) dan ibu Taufik Kiemas juga Minang (berok),” ulasnya.
Pemberian gelar doktor ini juga tidak merugikan pihak manapun dan sudah melalui sejumlah proses. Ditambah dengan pertimbangan kalau rencana pemberian gelar sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. “Yang saya heran kan, Irfianda Abidin kapasitasnya sebagai siapa mau mengacak acara kami dan apa urusannya,” tukasnya.
Di sisi lain, UNP bergeming. Mereka sudah menerima utusan Megawati, yakni Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, pekan lalu. Rektor UNP Ganefri menyebutkan, pemberian gelar doktor kehormatan dari UNP didasari atas jasa Megawati dalam dunia pendidikan, terutama dalam mencerdaskan anak bangsa.
“Hal ini berkaca dari lahirnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dimana dalam Undang-undang tersebut menghasilkan paradigma baru pada dunia pendidikan dari era orde baru ke era reformasi,” kata Ganefri saat menjamu Hasto Kristiyanto bersama mantan Menteri Kelautan Prof Dr. Ir Rokhmin Dahuri. seperti dilansir haluan.(*)

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...