Home / breaking / Kominfo Gelar Sosialisasi Diseminasi Informasi

Kominfo Gelar Sosialisasi Diseminasi Informasi

Bukittinggi-Newshanter.Com-Kepala sekolah, komite dan guru di Kota Bukittinggi diminta menciptakan lingkungan pendidikan yang merekat kembali nilai-nilai persaudaraan antar siswa. Seiring itu, lakukan pengawasan penggunaan internet dalam pemberian tugas mencari bahan pekerjaan rumah (PR).

“Orangtua juga dituntut memahami istilah-istIlah yang berpotensi digandrungi anak-anak melalui akses internet,” tegas Sekda Yuen Karnova ketika membuka Sosialisasi Diseminasi Informasi bagi kepala sekolah, guru dan komite sekolah dasar se Kota Bukittinggi, Rabu (19/7/2017) di aula balaikota.

aat ini, lanjut mantan sekda Pariaman itu, bukan sesuatu yang baru lagi di telpon selular yang dipakai anak sekolah lanjutan ditemukan konten tak pantas yang diakses melalui internet. Orangtua dan keluarga dituntut paham istilah-istIlah, yang justru belum layak jadi tontonan anak dan remaja sekolah. Internet dengan berbagai perangkat teknologi seperti laptop, gatget, tablet dan lainnya mesti digunakan secara bijak dan bermanfaat.

Janganlah teknologi itu menimbulkan dampak negatif, apalagi terhadap akibat penghancuran mental dan akhlak generasi muda. Makanya sekolah, komite dan orangtua haruslah bahu membahu dan saling mendukung dalam memberikan pendidikan sesuai peran masing-masing. Tidak kalah pentingnya, menyediakan waktu bermain sehingga anak dapat bersosialisasi, memiliki tenggang rasa dan menghargai sesama.

Senada dengan Sekda, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Melfi Abra melihat lebih pentingnya peran orang tua dalam pengawasan terhadap aktivitas siswa di luar sekolah. Bagaimanapun kemajuan tak bisa dibendung. Internet bagian dari kemajuan itu, apalagi pemko Bukittinggi sendiri juga telah menggalakkan program smart city berbasis tekonologi informasi.

Di sisi lain, internet sama dengan perpsuatakaan fungsinya. Imej internet identik dengan pornografi mesti diubah, justru dimanfaatkan ke arah positif. Inilai tugas melibatkan sekolah, komite dan orangtua. Semuanya berperan untuk mencegah dampak buruk penggunaan internet di kalangan siswa.

Sosialisasi desiminasi informasi bertajuk “Penggunaan internet di kalangan remaja dan anak serta dampaknya” diikuti puluhan peserta. Menurut Kadis Kominfo, Johnni, selain untuk SD, kegiatan tersebut juga diberikan bagi para guru, kepala sekolah dan komite SMP dan SMA. Kegiatan itu bertujuan memberikan bimbingan dan pemahaman pada peserta terhadap pemanfaatan internet secara benar, sekaligus antisipasi dampak kurang baiknya.(Nia)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...