Home / breaking / Di Muba Masih Banyak Perusahaan Pekebunan Nakal ** Asisten I perintahkan para Camat Pantau izin Perkebunan
Asisten I Kab. Muba H Rusli SP MM

Di Muba Masih Banyak Perusahaan Pekebunan Nakal ** Asisten I perintahkan para Camat Pantau izin Perkebunan

MUBU,News Hanter,com- Dari 50 perusahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Musi banyuasin (MUBA) yang sudah ada izin, ternyata ditengarai banyak yang melanggar aturan dalam kegiatan perkebunannyadan tidak memiliki izin usaha Perkebunan. Hal ini disampaikan Asisten I, H Rusli MSi dikantornya, (20/4/2017)

“Dari sekian banyak perusahaan perkebunan yang beroperasi di Muba , masih banyak yang melanggar aturan tidak memiliki izin, kita akan memeritahkan seluruh camata yang ada diwilayah muba agar segera menginventaris seluruh perusahan perkebunan yang ada diwilayahnya, agar membuat izin usaha perkebunan , dan bagi yang sudah ada izinnyasegera membuat Hak Guna Usaha( HGU), “ jelas Rusli.

Setelah jadi HGU, disitulah menetukan besaran Bea perolehan Hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) perusahan tesebut, ini salah satu sector untuk memnambah pendapatan asli daerah kabupaten Muba, ujar Rusli. Rusli menambahkan,” jadi agar para camat, harus memantau perusahaan yanga ada di wilayah masing-masing, bagi yang usaha perkebunannya dibawah 25 hektar harus ada Pendaftaran usaha Perkebunan sedangkan melebihi 25 hektar harus ada izin usaha perkebuna(IUB), “jelasnya.

Julius Pardede, SH lembaga swadaya masyarakat” Indonesia Hijau”mengatakan berdasarkan investigasi diwilayah muba masih banyak adaperusahan perkebunan yang nakal, belum memiliki DUP, IUP , seperti perusahan perkebunan PT, ASA seluas 1100 hektar, 200hektar masuk wilayah propinsi jambi, dan 900 hektar masuk Muba, yang berada diperbatasan propinsi jambi, dan sumatera selatan yang berada di desa muara bahar, kecamatan bayung Lencir, kabupaten Muba.

perusahaan ini berdiri tahun 1995 membeli lahan masyarakat setempat kemudianmeningkatkan alas haknya dari surat pengukuhan hak ( SPH) menjadisertifikat hak milik( SHM) dengan menanam kelapa sawitdi duga belum memiliki izin. Selain itu ada juga perusahan perkebunan PT AHAI, “ungkapnya.

“ kami mintak kepada intansi pemerintah terkait untuk melakukan tindakan yang tegas dengan menghentikan semua aktivitas perkebunan yang nakal diwilayh kabupaten Muba, berapa kerugian pemerintah kabupaten Muba kalau PAD dari pajak tidak masuk ke Muba melaikan ke
propinsi jambi.” tegasnya..

Camat Bayung Lincir, Alamsyah Rianda, Terkait permasalahan ada perusahan di perkebunan di wilayah bayung lincir tidak memiliki izin ,kita sarankan agar segera mengurus izin, kalau tidak dari kecamatan akan menurunkan tim penertiban izin daftar usaha perkebunan termasuk izin usah perkebunan diwilayahnya.(Heri)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Siap Edar 110 Kg, Pengedar Diringkus Ditnarkoba Polda Sumbar

Padang, NewsHanter.com – Direktorat Reserse Narkoba (Ditnarkoba) Polda Sumatera Barat kembali berhasil ...