Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Forikan Agam Gelar Berbagai Lomba Tentang Ikan
Bupati Agam Foto Bersama/ Foto NHO Gusniati

Forikan Agam Gelar Berbagai Lomba Tentang Ikan

Bupati Agam Tengah Mencicipi makanan terbuat dari ikan/ foto NHO Gusniati

Bupati Agam Tengah Mencicipi makanan terbuat dari ikan/ foto NHO Gusniati

lomba ikan4

AGAM-Newshanter. Com. Bertempat di Nagari Sungai Puar, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) kabupaten Agam Sumbar berkerjsama denga RPPH, gelar berbagai lomba bernuansa ikan. Mulai dari memasak untuk ibu-ibu, lomba kreasi musik jingle makan ikan sampai kepada lomba mewarnai ikan untuk anak-anak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

Lomba dibuka Asisten Administrasi Umum Setkab Agam Mulyadi dihadiri Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Ny. Vita Indra Catri dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ermanto dan Bupati Agam Indra Catri. Sambutan Bupati Agam Indra Catri, Asisten Administrasi Umum Setkab Agam Mulyadi menyatakan, gerakan makan ikan sudah menjadi program nasional bahkan di negara-negara maju.

“Makan ikan baik untuk peningkatan kecerdasan karena kaya akan protein dan Omega 3 yang bermanfaat untuk otak,” katanya saat membuka lomba, Selasa (12/04/2017).Sebagai daerah penghasil ikan, katanya, tentu ikan bukan makanan yang dirasakan mahal oleh masyarakat. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak makan ikan.

Kepala DKP Kabupaten Agam Ermanto dalam kesempatan itu mengungkapkan, tingkat konsumsi ikan masyarakat masih rendah, hanya sekitar 30 kilogram per orang per tahun. Ini lebih rendah dibanding dengan provinsi yang sudah mencapai 36 kg.

“Dengan kegiatan ini diharapkan tingkat konsumsi ikan masyarakat bisa lebih banyak lagi,” ujarnya.

Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri menjelaskan, lomba yang digelar di Taman Wisata Muko Muko itu antara lain lomba memasak serba ikan, lomba kreasi musik jingle dan lomba mewarnai gambar ikan. Lomba memasak serba ikan diikuti oleh tim Forikan dari 16 kecamatan. Sedangkan untuk lomba kreasi musik jingle ikan diikuti pelajar SLTA serta lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak Taman Kanak-kanak (TK).

Vita menambahkan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Forikan kabupaten dengan DKP Agam dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan. Selain lomba, Forikan Kabupaten juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial dan kegiatan pemerintah.

Dalam Lomba memasak, ibu-ibu PKK dari Kecamatan Sungai Puar berhasil keluar sebagai Juara I. Vita menjelaskan, juara dalam lomba ini akan mewakili Kabupaten Agam dalam Lomba Memasak Ikan tingkat Provinsi Sumatera Barat.(gus)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

RAPBD TA 2021 Sumsel Ditetapkan Senilai Rp 10,8 Triliun

Palembang,newshanter.com – DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat paripurna dengan agenda ...