Home / breaking / Tambang Batubara Sawahlunto Meledak SatuTewas Dua Luka Bakar

Tambang Batubara Sawahlunto Meledak SatuTewas Dua Luka Bakar

Sawahlunto, -Newshanter.com. Salah satu lubang tambang batu bara di kawasan Parambahan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, kembali meledak dan menewaskan satu orang penambang, Kamis(30/3/2017), sekitar pukul 15.00 WIB. Akibat kejadian itu satu orang tewas dua mengalalami luka bakar.

Korban yang tewas tersebut Ruslan(28) dan yang mengalami luka bakar Ridwan (37) warga Desa Lunto Barat Kecamatan Lembah Segar dan Yusrizal (38) warga Desa Kumbayau Kecamatan Talawi, kini dirawat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang karena diduga mengalami luka bakar di atas 75 persen.

Kapolres setempat, AKBP Riyadi Nugroho, ketika dihubungi wartawan, Kamis malam, membenarkan kejadian itu,”Kami baru mendapat kabar terkait peristiwa itu setelah korban dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawahlunto, dan dari informasi terakhir korban atas nama Ruslan(28) sudah dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit tersebut,” ujarnya.

SEmentra itu Kepala Bidang pelayanan RSUD Kota Sawahlunto, dr Lusi Dewina, mengungkapkan korban sempat mendapatkan perawatan medis di ruangan Instalasi Gawat Darurat rumah sakit itu, namun nyawa Ruslan tidak bisa diselamatkan. “Korban sempat ditangani sekitar 30 menit sebelum dia menghembuskan nafas terakhir,” ujarnya.

Berdasarkan catatan pasien atas nama tersebut, diketahui korban merupakan warga Kabupaten Nias, Sumatera Utara, yang berdomisili di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto.”Penyebab kematian diduga karena korban mengalami luka pada bagian tengkorak kepala belakang akibat benturan benda keras,” kata dia.

SEdangkan berdasarkan dugaan sementara, ledakan itu terjadi di salah satu lubang tambang milik PT Allied Indo Coaljaya(AIC) yang lokasinya tidak jauh dari peristiwa ledakan sehari sebelumnya di kawasan pertambangan milik CV Bara Mitra Kencana (BMK).

Sebelumnya, tambang batu bara di daerah Parambahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) dilaporkan meledak pada Rabu, sekitar pukul 10.00 WIB menyebabkan dua korban luka-luka.

Penyebab meledaknya lubang tambang batu bara milik CV Bara Mitra Kencana (BMK) di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, diduga terpicu oleh adanya peristiwa ledakan udara atau “Air Blast”.

“Kami mencatat ada peningkatan kandungan gas metana tiba-tiba hingga mencapai level ambang ledakan atas yang bereaksi dengan udara sebagai pemicu ledakan,” ungkap Kepala Teknik Tambang (KTT) perusahaan itu, Andi Asmunandar di Sawahlonto, Rabu (29/03/2017).

Menurutnya pada saat ledakan terjadi terdapat 20 orang pekerja tambang sudah memulai aktifitasnya di lubang tersebut dan empat diantaranya sempat terjebak reruntuhan namun bisa dievakuasi, dua diantaranya mengalami luka bakar serius dan segera di bawa ke rumah sakit terdekat dan sisanya sebanyak 18 orang tidak mengalami luka atau cedera parah.

Sebelum aktifitas penambangan dimulai jelasnya, sudah dilakukan pengecekan awal dan seluruhnya dalam keadaan aman dengan konsentrasi kandungan oksigen sebesar 20,6 gram per mol, gas metana sebesar 12 gram per mol, kandungan hidrogen sulfida berada diangka nol pada satuan part per milion(PPM) dan karbon dioksida sebesar nol pada satuan massa molekul mol.

Menurutnya, saat ini kegiatan penambangan di seluruh lokasi produksi perusahaan tersebut sudah dihentikan untuk sementara waktu, sampai adanya keputusan diizinkannya aktifitas penambangan dimulai kembali oleh pihak terkait.(ant)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Sebanyak 230 0rang Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS) Se kota Bukittinggi jalani rapid Tes

Bukittinggi, News Hater.Com-Ratusan Pengawas Tempat Pemungutan Suara se Kota Bukittinggi lakukan rapit ...