Home / breaking / Kedai Pak Ciman Hadirkan “Gulai Itiak” Lado Mudo

Kedai Pak Ciman Hadirkan “Gulai Itiak” Lado Mudo

Palembang.Newshanter.com, Jika anda penyuka Gulai Itiak lado mudo (Bebek Cabe Hijau) merupakan masakan khas dari Bukittinggi .Tidak perlu ke Bukittinggi di Palembang sudah ada tepatnya di Kedai Pak Ciman di Jalan Anggkatan 66 Simpang Pipa Reja Sekip Ujung Palembang.

Bagi yang pernah mencoba Gulai Itiak lado mudo khas Minang ini rasanya gurih-pedasnya sulit terlupakan. Untuk mencoba Gulai itiak Lado Mudo harus datang ke Koto Gadang atau ke Sianok, Kecamatan IV Koto Agam, Sumatera Barat.

Kedai Pak Ciman layaknya seperti restorant dengan motto Authentic Traditional & International, Hadir sejak NOvember 2016 lalu dengan menu utama Nasi kapau dan menu khas minang lainnya. Sejak kedai Pak Ciman dibuka setiap hari ramai dikunjungi konsumenya yang ingin menyantap nasi kapau.

“Dalam memenuhi permintaan konsumen kami menghadirkan menu baru Gulai Itiak Lado Mudo (gulai Bebek Cabe Hijau)” ujat H Erwin Lismar Owner Kedai Pak Ciman kepada Newshanter.com baru baru ini

Menurut Erwin, Gulai itiak lado mudo adalah gulai daging bebek muda yang dilumuri cacahan cabai hijau. Saking banyaknya porsi cabai, seolah daging bebek muda itu ”berendam” dalam cabai.””Gulai itiak Ini tradisi masakan Koto Gadang, Kabupaten Agam. Sumatera Barat,” ujar Erwin yang kedua orang tuanya berasal dari Kototu Aga Bukittinggi yang satu kecamatan dengan koto gadang.

Menurut Erwin cara membuat masakan gulai itiak ini, setiap satu ekor bebek dimasak bersama sekitar 0,5 kilogram (5 ons) cabai hijau kering. Jika setiap satu ekor bebek dipotong jadi empat porsi, setiap satu potongnya dimasak bersama 1,25 ons cabai. ”Biar rasanya beda dengan masakan bebek lain.” ujar Erwin.

Sedangkan itiak atau bebek yang dipilih berumur sekitar enam bulan yang dagingnya masih empuk. Bebek dipotong, direndam air panas, kemudian bulu-bulunya dicabuti. Isi perutnya juga dikeluarkan. Untuk menghilangkan sisa bulu, bebek itu dibakar. Bebek yang telah bersih dipotong-potong. Satu ekor bebek bisa dipotong menjadi empat bagian.

Kemudian disiapkan juga racikan bumbu yang telah dihaluskan: bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lengkuas. Tentu saja, ditambah cabai hijau kering dengan takaran setiap satu ekor bebek diberi 0,5 kg cabai.

Daging bebek tadi digodok bersama bumbu dan cabai. Gulai ini tidak menggunakan santan agar rasa daging lebih segar. Daging bebek tadi digodok selama satu hari satu malam atau 48 jam penuh. biar pedas cabai meresap sampai dalam serat daging. Daging juga lebih empuk dan tidak amis lagi. “kemudian ditambah bumbu resef pak Ciman, Setelah masak Gulai itiah lado mudo siap disantap ” ujar Erwin.

Menurut Erwin Kedai Pak Ciman selain menu baru lainnya adalah Ikan Salai Balado, Baluih Lado Mudo, kedua masakan ini adalah khas masakan minang. Kedai Pak Ciman jelas Erwin, menghadirkan tiga sesi. Pertama sarapan pagi dengan khas Minang Katupek gulai paku, gulai cubada dan gulai buncis.

Sesi kedua makan siang dengan menu nasi kapau, Sop Iga Sumsum, Bebek Gorek dan Lainnya. Sesi ke tiga Kedai Pak Ciman menghadirkan Bakso, Sate Padang Panjang dan Nasi Goreng Kare Pak Ciman dan lainnya. Kedai Pak Ciman juga menyediakan Minuman Kawa Daun, Tek Telot dan Tomat Top. Aneka minuman seperti aneka Juice.” ungkap Erwin. Kedai Pak Ciman buka pukul 06.00-22.00. Telpon 0711.5617888. (zainal piliang)

itiak3itiak2

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polsek Pangkalan Kuras Laksanakan Giat Freemtif Ops Lancang Kuning 2020

PELALAWAN, NESHANTER.COM – Polisi Sektor Pangkalan Kuras Resort Pelalawan laksanakan giat Freemtif ...