Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Longsor di Jalan Sucincin- Malalak IV Koto, Satu Rumah Rusak, Jalan Buka Tutup

Longsor di Jalan Sucincin- Malalak IV Koto, Satu Rumah Rusak, Jalan Buka Tutup

Agam. Newshanter.com—Akibat Hujan deras yang melanda Kabupaten Agam dan sekitarnya menyebabkan sejumlah wilayah dilanda longsor, setidaknya ada empat kecamatan yang mengalami bencana, yaitu Malalak, Palembayan, Tanjung Raya IV Koto, Palembayan.

Seperti antara Jalan Sicincin – Malalak – Balingka putus total akibat longsor, Sabtu (03/11/2016) tidak bisa dilewati. Tapi Minggu (4/12/206) pukul 09.30 pagi sudah bisa dilewati kendaraan roda empat secara bergantian (buka tutup).

Kepala Badan Penanggulanangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Sabtu (03/12/2016), mengatakan, akibat curah buruk beberapa hari terakhir telah menyebakan banjir dan longsor pada sejumlah tempat di Agam.

Dikatakannya, pada Kecamatan Malalak longsor terjadi di Jorong Limo Badak. Longsor setinggi 15 meter menimbun badan jalan, sehingga membuat arus jalan Sicincin – Malalak – Balingka (SIMAKA) tertutup dan tidak bisa dilalui. Penanganan jalur SIMAKA membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Personil BPBD bersama masyarakat dan aparat lainnya telah bersama sama menangani hal ini. Karena jalan Malalak ini merupakan jalur provinsi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PU dan BPBD Propinsi Sumbar, dalam penanganan material longsor,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk Kecamatan Palembayan terjadi longsor di Lubuak Gadang Nagari Ampek Koto Palembayan sekitar pukul 09.00 pagi tadi. Longsor yang menutupi jalan sepanjang 10 meter dengan ketinggian 1,5 meter itu telah ditangani masyarakat bersama aparat. Selain itu longsor terjadi di Toboh Jorong Subarang Nagari Balingka Kecamatan Camat IV Koto.

“Longsor yang terjadi di Jalan Lintas Malalak IV Koto menimpa Rumah Risman St. Sarif, beruntung keluarga selamat sementara rumah mengalami rusak berat. Seluruh tim dan pihak pihak terkait saat ini masuh melakukan pembersihan dan kordinasi terkait adanya longsor di tempat lain. Kita berharap tidak ada lagi longsor yang menimbulkan kerugian banyak,” jelasnya.

Sedangkan Bupati Agam, Indra Catri mengingatkan seluruh pasukan inti dan cadangan penanggulangan bencana supaya siaga penuh dan semua peralatan supaya dipastikan dalam kondisi siap action. Bupati juga menegaskan agar camat tetap berada wilayahnya.“kini Cuaca masih rawan,”ujar Indra.

Kondisi Malalak memang masih sulit diprediksi. Hampir semua wilayah kecamatan yang rawan longsor dan banjir mendesak untuk ditangani termasuk Palembayan yang masih diguyur hujan.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto menindaklanjuti arahan Bupati Agam Indra Catri meminta seluruh camat agar siaga. SKPD terkait juga segera diminta memberikan dukungan penuh terhadap penanggulangan bencana sesuai dengan protap dibawah koordinasi BPBD.

“Kami sudah instruksikan kepada camat untuk bersiaga pada wilayahnya masing-masing. Berdasarkan prediksi lembaga terkait curah hujan masih cukup tinggi. Yang jelas seluruh personil terkait sudah kita kerahkan,” jelasnya.(hendra Zuli)

longsor3longsor2

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...