Home / breaking / Reaksi Keluarga Archanra Tahar di Padang Setelah di copot
ARchanra tahar nomor dua dari kiri berfoto bersama keluarganya/ foto net

Reaksi Keluarga Archanra Tahar di Padang Setelah di copot

Padang -Newshanter.com. Yuliarma, kakak kandung mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar, yang tinggal di Padang, menanggapi pencopotan adiknya setelah polemik status kewarganegaraan. Menurut dia, Arcandra pulang karena diminta Presiden Joko Widodo untuk mengabdi pada Indonesia.

“Sudah mau pulang itu alhamdulillah,” kata Yuliarma saat dihubungi Tempo, Selasa,(16/08/2016) Menurut dia, meskipun sudah 20 tahun merantau ke Amerika Serikat, Arcandra masih memiliki semangat nasionalisme.

Menurut Yuliarma, jika sudah tidak punya jiwa nasionalime, dipastikan Arcandra menolak pulang untuk mengabdi di Indonesia. Apalagi, banyak uang yang didapat di Amerika Serikat karena anak ketujuh dari delapan bersaudara itu telah menjabat Presiden Direktur Petroneering di Houston sejak Oktober 2013. “Dia tulus datang ke Indonesia,” katanya.

Bagi Yuliarma, Arcandra yang lahir pada 10 Oktober 1970 itu, merupakan sosok yang cerdas dan pemikir. Sejak kecil tidak ada perilaku tercela yang diperbuatnya. Arcandra juga disebut taat beribadah. Malah, di sela kesibukannya, dia mengajarkan umat muslim di Amerika Serikat mengaji dan salat.

Yuliarma menyayangkan tudingan jika Arcandra sengaja menipu kewarganegaraan untuk menjadi menteri. “Ini pembunuhan karakter. Apakah mereka yang ngomong itu, tak tahu keinginan tulus adik saya datang ke Indonesia?” katanya.

Setahunnya Binantunya Hanya Memiliki satu Paspor

SEmentara itu Jusman, mertua Arcandra Tahar, mengatakan menantunya memiliki paspor Indonesia. Namun ia tak mengetahui soal dwikewarganegaraan Arcandra. “Saya tidak tahu. Yang saya tahu dia punya paspor Indonesia dan KTP-nya masih Padang,” ujarnya saat dihubungi Tempo.

Kata dia, Arcandra menikahi Fauline Tahar, anak Jusman, pada 2000. Archandra membawa istrinya ke Amerika Serikat. “Dua anaknya lahir di Amerika,” ujarnya.

Bagi Jusman, Arcandra adalah sosok yang pendiam dan cerdas. Dia taat menjalankan ibadah. Arcandra dan istrinya juga sering pulang ke Padang. Terakhir, mereka pulang kala Lebaran tahun lalu.

Setelah Maret 2012, Arcandra empat kali pulang-pergi ke Indonesia dengan paspor Amerika. Namun, Arcandra menegaskan, dia masih memegang paspor Indonesia. “Saya orang Padang asli. Istri saya juga orang Padang asli. Lahir dan besar di Padang, cuma kuliah S-2 dan S-3 di Amerika,” kata Arcandra, yang mengaku pergi ke Amerika pada 1996.(BB)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polsek Pangkalan Kuras Laksanakan Giat Freemtif Ops Lancang Kuning 2020

PELALAWAN, NESHANTER.COM – Polisi Sektor Pangkalan Kuras Resort Pelalawan laksanakan giat Freemtif ...