Home / Nasional / Sumatera Barat / Gubernur Sumbar Serahkan Anugerah Literasi Minangkabau 2016 . Kepada Seniman, Wartawan, Tokoh dan Media
Gubernur-Sumatera-Barat-Irwan-Prayitno-menyerahkan-Piala-Anugerah-Literasi-Award-2016-kepada-Denni-Meilizon-pegiat-literasi-Kabupaten-Pasaman-Barat-Rabu-108-di-Hotel-Bumi-Minang-Padang.-Foto-Dok.-Muhardo

Gubernur Sumbar Serahkan Anugerah Literasi Minangkabau 2016 . Kepada Seniman, Wartawan, Tokoh dan Media

PADANG – Newshanter.com, Gebernur  Gubernur Sumatra Barat, Prof.Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc , menyerahkan Anugerah Literasi Minangkabau 2016  kepada sejumlah  seniman, wartawan, tokoh, satrawan  , media  dan lainnya dihotel Bumi Minang Padang, Rabu (10/08/2016).

Anugerah itu diberikan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Provinsi Sumatera Barat .

“Sumatra Barat sejak dulu dikenal sebagai gudang sastrawan, budayawan, dan seniman. Mereka memerjuangkan NKRI bukan dengan tombak, keris, maupun pedang, namun menggunakan otak dan kecerdasan,” ujar Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya. Gubernur berharap, anugerah yang diberikan itu dapat menjadi motivasi bagi para pegiat literasidi Sumatra Barat untuk semakin aktif dan produktif berkarya.

Adapun mereka yang menerima  Anugerah Literasi Minangkabau 2016 diberikan Pemprov Sumatra Barat berdasarkan beberapa kategori. Untuk kategori Komunitas:

Terbaik 1: Tanah Ombak
Terbaik 2: Intro
Terbaik 3: Rumah Baca Mentari.

Kategori Penerbit;

Terbaik 1: Citra Budaya Grup
Terbaik 2: Suri
Terbaik 3: Rumahkayu.

Untuk Kategori Media.

Terbaik 1: Rakyat Sumbar
Terbaik 2: Harian Singgalang
Terbaik 3: TVRI.

Kategori Tokoh:

Terbaik 1: Drs. H. Jufri,
Terbaik 2: Dr. Raimon Anwar,
Terbaik 3: Prof.Zainuddin.

Kategori Penulis,

Terbaik 1: Esha Tegar Putra,
Terbaik 2: Maya Lestari GF,
Terbaik 3: Denni Meilizon.

Sedangkan Kategori Wartawan: Yusrizal KW, Ganda Cipta, dan Kategori Khusus:

Terbaik 1: SyifaKhairunnisa,
Terbaik 2: Syifa Nabila.

Dari sejumlah yang mendapat Anugerah Literasi Minangkabau 2016 ini terdapat dari   Kabupaten Pasaman Barat, yakni  Denni Meilizon.

Denni Meilizon yang  Koordinator Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Wilayah Sumatra Barat itu, menerima penghargaan sebagai pegiat literasi dengan Kategori Penulis Terbaik Ketiga,setelah diposisi Terbaik Pertama diterima Esha Tegar Putra (Penyair), dan Terbaik Kedua Maya Lestari GF (Novelis).

“Saya salut pada sosok Denni Meilizon. Di tengah kesibukannya sebagai pegawai DinasPendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKD) Provinsi Sumatra Barat, ia masihdapat meluangkan waktu berkarya dan membina generasi muda untuk giat berliterasi,” kataKepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Alwis, di sela-sela acara.

“Denni Meilizon saat menjadi Ketua Ikatan Mahasiswa Pasaman Barat pernah mendatangi kami untuk nanyakan, apa yang bisa dilakukan Imapasbar untuk Pasaman Barat. Denni pemuda enerjik dan full activity, aktif membina generasi muda, baik mahasiswa maupun pelajar diPasaman Barat,” ujarnya.

Syarifuddin Arifin penyair nasional asal Sumatra Barat juga memberikanapresiasi atas anugerah yang diterima Denni Meilizon dan pegiat literasi lainnya. “Saya termasuk orang yang mengikuti Denni Meilizon dalam berproses di dunia literasi, khususnya di bidangkepenulisan. Denni Meilizon itu orang yang mudah bergaul dan mau bersilaturahmi dengan komunitas kepenulisan mana pun,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Denni Meilizon menyampaikan, bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan ujian untuk dirinya agar lebih serius dan giat lagi berkarya. “Sebenarnya saya malu menerima penghargaan ini, sebab masih banyak pegiat lain yang lebih pantas untuk menerimanya. Untuk itu, anugerah ini saya dedikasikan untuk para pejuang literasi di SumateraBarat, semoga kita dapat terus memberikan manfaat, sekecil apa pun usaha itu,” ujarnya.

Acara tersebut dibuka dengan penampilan Tari Pasambahan dari Sanggar Tari Syofyani yang diikuti pembacaan doa syukur dan selamat serta diteruskan dengan sambutan Kepala BadanPerpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Alwis, dan Gubernur Sumatra Barat, Prof.Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, MSc.

Acara ditutup dengan penampilan Tari Indang.Pada kesempatan itu Denni Meilizon turut tampil membacakan puisi berjudul ‘Epitaf Arau’ yang ditulis oleh Kurnia Hadinata. Seluruh penerima anugerah diberi hadiah piala, plakat, alat elektronik dan memori eksternal, sesuai kategori dan peringkatnya, sebagai tanda apresiasiPemprov Sumatra Barat. (rel)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Operasi Yustisi Polsek Pangkalan Kuras Dua Orang Diberikan Teguran Lisan

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Operasi Yustisi Protokol Kesehatan (Prokes) yang digelar oleh Polsek ...