Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Satu Abad Nagari Balingka Gubernur Sumbar Buka Mubes

Satu Abad Nagari Balingka Gubernur Sumbar Buka Mubes

AGAM. Newshanter.com. DAlam rangka memperingati satu abad Nagari Balingka, masyarakat setempat menggelar musyawarah besar dan muktamar Ikatan Keluarga Balingka (IKB) se-Indonesia.Acara yang dipusatkan di aula MTsN Taman Raya Balingka itu dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Bupati Agam Trianda Farhan,Dr. Karny Ilyas Dt. Sutan Baleno,SH,Buya Masoed Abidin, tokoh rantau, pengusaha asal Balingka dan lainnya

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, banyak tokoh nasional yang lahir dari nagari Balingka ini. Balingka ibarat miniatur kecil adalah kondisi Sumbar. Dimana tokoh ulama saat ini amat kurang dibandingkan kejayaan di masa lalu. Ini memang menjadi keprihatinan kita bersama, namun hingga hari ini kita belum menemukan solusi dan jawaban dalam mengatasinya.

Apa yang perlu kita bangkitkan dalam memajukan Ranah Minang ?, telah banyak yang mempertanyakan itu kepada kami. Akan tetapi, kita belum menemukan solusi yang tepat. Ba caronyo ?. Ada program kembali ka Nagari, kembali ke Surau, apakah akan kita lakukan seperti masa lalu, apakah masyarakat kita dapat menerima dalam kemajuan teknologi saat ini, tanyanya.

Irwan Prayitno juga menegaskan, kita dimasa lalu memiliki Ulama dan tokoh nasional, memotivasi generasi muda dan menginspirasi kemajuan untuk Sumbar. Apakah cukup dengan lagu Indonesia raya saja, tanpa usaha dan kerja.

Bangkit seperti dahulu, silahkan berdebat para pakar, hasilnya serahkan kepada kami di pemerintahan untuk menyelesaikan. Namun kita juga mesti ingat bahwa orang minang memiliki karakter, budaya pandai komunikasi. “Profesi orang minang sukses adalah bidang komunikasi, diplomat, seniman, wartawan, politisi, orang minang bekerja lebih dilihatkan dalam bentuk pikiran memakai otak,”jelas Irwan.

Sementara katanya, apakah budaya ini masih ada atau apakah sudah mulai memudar dan hilang ditengah masyarakat kita ?. Jika itu terjadi, kita perlu menghidupkan kembali karakter dan budaya masyarakat minang tersebut. Dan apakah kita sudah punya solusi untuk kemajuan anak kemenakan ke depan.

“Kita menunggu hasil mubes dan hasil pemikiran para tokoh masyarakat Sumbar lainnya dalam meningkatkan kemajuan nagari Balingka khususnya Sumatera Barat umumnya, hasilnya nanti berikan kepada kami agar nanti dapat kita laksanakan dalam kebijakan pemerintah secara barsama-sama,” harapnya.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi terhadap kegiatan hari ini sebagai kekuatan masyarakat memberikan pandangan dan masukan terhadap pelaksanaan pembangunan yang telah berlangsung selama ini. Dan dalam kesempatan Gubernur meminta mendukung pembangunan terowongan Balingka sebagai pembangunan infrastruktur, untuk mengurai kemacetan Padang – Bukittinggi.

Sementara, kita juga menyadari setiap pembangunan infrastruktur itu akan membawa pada kemajuan, sejahtera, kemakmuran. Masalah tanah agar segera kita siapkan, pembebasan tanah. Terima kasih masyarakat Balingka dalam menyukseskan pembangun terowongan Balingka ini yang pertama di Indonesia, sudah ada blue print, dana sudah disiapkan APBN.”Namun karena pembebasan belum dapat dituntas sementara dananya kembali ke pusat. Setelah terowongan Balingka siap juga akan ditindak lanjuti dengan pembangunan Jembatan Ngarai Sianok,” ujarnya.

Dr. Karny Ilyas SH Dt. Sutan Baleno, mengatakan, dalam rentang seratus tahun ini terjadi pasang surut di nagari ini, seperti halnya di Sumatera Barat. “Kita bangga dengan masa lalu, tapi kita kehilangan di masa sekarang,” ujarnya.

Dijelaskanya, Sumatera Barat, termasuk Balingka dulunya merupakan gudangnya orang orang terpintar di republik ini. Bahkan separoh dari yang memerdekakan republik ini lahir dari Sumatera Barat. Kalau dihitung dari tokoh politik, ulama sampai ke tokoh kiri sekalipun, itu lahir dari Sumatera Barat.

Misalnya siapa yang tak kenal dengan M.Natsir, Hamka, M Hatta, M Yamin, dan Sjahrir. Kmudian siapa yang juga tak kenal dengan tokoh aliran kiri seperti Tan Malaka. Bahkan DN Aidit yang juga tokok PKI itu ternyata orang Maninjau.

Namun di luar keberagaman itu, jelas orang Sumbar itu sangat pluralis dan berada di puncak piramida politik di republik ini. “Tapi sekarang tokoh politik mana yang berasal dari Sumatera Barat,” lanjut Pemred TvOne itu.

Kemudian dari tokoh pedagang dari Balingka lahir yang namanya H. Tamin dengan perusahaanya Rata Tekstil Rahman Tamin yang terkenal di Nusantara. Bahkan H. Tamin tercatat sebagai 10 orang terkaya di republik ini. Sekarang tidak ada penerus H. Tamin itu termasuk di Sumatera Barat sekalipun. Bahkan dari 100 orang terkaya di Indonesia, 99 persen di antaranya dikuasai oleh keturunan Cina.

Kemudian di segi pemerintahan dahulunya para menteri hampir separoh merupakan putra Minang, tapi sekarang tak ada lagi. “Kita bangga dengan masa lalu, namun masa sekarang hampa. Kondisi itu tentu ada yang salah di negeri ini, ” kata Karni.

Sementara Wabup Trianda Farhan Satria, dalam kesempatan itu juga menyampaikan perlu memperkuat tali silaturrahmi dalam jembatan hati guna membangun kampung halaman. Terkait pembangunan Balingka, 7 agenda , 2 agenda yang dekat dengan masyarakat, pertama, budaya kehidupan masyarakat dasar ABS SBK. Kedua, pendidikan karakter anak nagari, pendidikan surau dalam pendidikan berbasis kepada nagari. Meningkat kecerdasan intelektual, kecerdasan emosinal, kecerdasan sosial, ukuran keberhasilan mempunyai nilai dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

“semoga akan dapat diwujudkan nagari madani, tulang punggung pembangun kab. Agam adalah kekuatan masyarakat nagari,” ujarnya.

Ketua Pelaksana, Isra Amir mengatakan kegiatan dalam rangka peringatan satu abad Nagari Balingka itu berlangsung selama tiga hari. Diawali tabligh akbar, kemudian diakhiri dengan batagak panghulu di Nagari Balingka.

Nagari Balingka, kecamatan IV Koto, Kbupaten Agam, terletak sekitar 10 km dari kota Bukittinggi arah ke Maninjau. Di nagari Balingka ini juga lahir berapa tokoh, Seperti Datuk Palimo Kayo (ulama), Nazib Basyir (wartawan) Nasrul Tarun (Pencipta Lagu Minang) Karni Ilyas (TV One) dan Banyak lagi.(Hendra Djuli/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ketua DPRD, Ketua FIP dan Ketua PWI Kampar Sampaikan Ucapan Selamat HUT Humas Polri ke-69

KAMPAR,newshanter.com – Jumat (30/10/2020), Bersempena Hari Ulang Tahun Humas Polri ke-69 tahun ...