Home / Nasional / Sumatera Barat / Tarekat Syattariah Puasa Hari Rabu, Melihat Bulan di Kototuo IV Koto
Jalan Dari Kototuo Ke Koto Gadang, tempat melihat bulan di Nagari Kototuo IV Koto Agam

Tarekat Syattariah Puasa Hari Rabu, Melihat Bulan di Kototuo IV Koto

AGAM .Newshanter.com– Jemaah Tarekat Syattariah di Kenagarian Malalak Barat, Kecamatan Malalak,dan Jemaah Tarekat Syattariah KOtotuo IV Koto, Kabupaten Agam,berencana akan mulai melaksanakan puasa Ramadhan 1437 Hijriah pada Rabu, Rabu 8 Juni 2016.

“Hari Selasa (7/06/2016) kami akan melihat bulan di Koto Tuo Agam, jadi diperkirakan hari Rabu mulai puasa,” kata salah seorang Pemuka Agama setempat Pangai (73) di Malalak, Agam, Hal yang dsama juga dikatakan  Adis (61),  warga KOtotuo IV Koto Minggu (5/6/21016).

Ia menjelaskan dalam melaksanakan puasa Ramadhan diawali dengan prosesi menilik atau melihat bulan menggunakan mata telanjang dihadiri oleh pemuka-pemuka agama dan jamaah di Koto Tuo hingga Pantai Ulakan, Tiku, Pinggir Koto.“Tarekat Syattariyah memang biasanya lebih lambat dua hari dari pemerintah, ini dikarenakan setiap aliran selalu berbeda-beda,” kata dia.

Ia menyebutkan terdapat sekitar 1.300 pengikut tarekat di Kenagarian Malalak Barat.

Salah seorang warga Kabupaten Malalak, Nasrul (51) mengatakan perbedaan awal Ramadhan merupakan hal yang lumrah.“Kami sekeluarga mengikuti ajaran Tarekat Syattariyah, walau memulai puasa Ramadhan berbeda tujuannya tetaplah sama,” katanya.

Sementara d Prosesi melihat bulan  di Kototuo IV Koto  kata Adis  dilkasanakan Selasa (07/06/2016) di Jorong Galudua sekitar 50 jaraknya dari Masjid Inyik Syeh Tuanku Aluma. Dipimpin oleh Tuangku Ismet

Inyiak Syekh Aluma

Inyiak Syekh Angku Aluma adalah salah satu seorang tokoh agama Islam penganut Tarekat Syattariyah yang sangat disegani oleh masyarakat di Jorong Galudua Kototuo IV Koto. Penerus beliau adalah Alm. Tuanku Ismail (anak) dan Tuanku Ismed (cucu).

Saat ini Tuanku Ismed meneruskan pengabdian beliau dan menjaga makam yang di buat di dalam masjid sekaligus tempat tinggal Tuanku Ismed.Uniknya komplek pemakamam ini terdiri dari 2 lantai. Ada satu merupakan makam 4 istri Tuanku Aluma, dan lantai 2 merupakan makam Tuanku Aluma dan Tuanku Ismail. Saat ini kondisi makam masih terawat dengan baik, dan banyak di kunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah pada hari – hari / perayaan tertentu.

Penziarah yang datang ke makam ini berasal dari jemaah Saktariyah yang berasal dari seluruh Kabupaten di Sumatera Barat. Saktariyah di pelopori oleh Tuanku Ismail, Koto Tuo. Lokasi makam ini di Jorong Galudua, Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

Sekilas Tentang Tuanku Ismail , peran politik yang dimainkan oleh Tuanku Ismail Koto Tuo, anak Tuanku Aluma, seorang syekh Syathariyyah yang dikenal luas di Sumatera Barat) melalui organisasi Jamaah Syathariyah adalah bentuk konkrit peran politik ulama tarekat yang aktif sekali.

Beliau di Koto Tuo ini selain duduk sebagai Ketua Umum Jamaah Syathariyah selama 20 tahun, ia berhasil menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat I Sumatera Barat utusan Golongan Karya selama 3 (tiga ) priode.

Melalui kapasitasnya sebagai Ketua Jamaah Syahariyah dan kualitasnya sebagai khalifah tarekat Syathariyah dari ayahnya ia mampu memberikan suara berarti bagi Golongan Karya pada daerah-daerah kantong Syathariyah. Hal yang sama juga terjadi pada daerah tingkat II yang memiliki jamaah Syathariyah banyak.

Golongan karya memberikan ruang yag secukupnya kepada ulama tarekat untuk duduk di kursi DPRD II atau paling tidak ulama-ulama dikunjungi oleh pejabat pemerintah dan diberi bantuan baik pribadi ulama itu atau suraunya. Upaya pejabat dan pengurus Golongan Karya menguasai jamaah tarekat ini ternyata efektif sekali untuk meningkatkan perolehan suaranya setiap kali Pemilihan Umum.

(Berbagai Sumber/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Pendisiplinan Masyarakat, Polsek Pangkalan Kuras Kembali Gelar Operasi Yustisi

PELALAWAN, NEWSHANTER.com – Polsek Pangkalan Kuras bersama TNI dan Satpol PP Kabupaten ...