Home / Nasional / Sumatera Barat / Komplek Auri Aur Kuning Bersih Dari Pedagang kaki lima
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias tengah memberi keterangan kepada wartawan (Haswandi/KLIKPOSITIF)

Komplek Auri Aur Kuning Bersih Dari Pedagang kaki lima

BUKITTINGGI.Newshanter.com – Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berjualan di Komplek Aur Indah (AURI) kawasan Aur Kuning Bukittinggi tampak pasrah ketika Tim Gabungan yang berjumlah sekitar 500 personil itu membongkar lapak-lapak mereka, Minggu 15 Mei 2015, sepetti dilansir Klikpositif.com,

Penertiban PKL dan pembongkaran lapak-lapak PKL di komplek AURI ini berjalan aman dan lancar tanpa ada perlawanan dari para pedagang. Memang, sebelum ditertibkan, para pedagang telah membawa pulang barang-barang jualan mereka pada Sabtu (14/05/2016) sore hingga tengah malam. Ini sedikit meringankan kerja petugas, karena petugas hanya membongkar lapak-lapak kayu bagian lantai, atap tenda serta membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

Sebagian besar para PKL yang selama ini berjualan di Komplek AURI juga tampak menyaksikan pembongkaran itu dengan raut wajah sedih. Harapan mereka untuk mendapat toleransi dari pemerintah agar bisa berjualan hingga lebaran tidak dipenuhi pemerintah. Alhasil, mereka harus menerima kebijakan pemerintah yang merelokasi mereka ke lantai tiga Pasar Aur Kuning.

Komplek AURI di Aur Kuning merupakan fasilitas negara yang dulunya berfungsi sebagai jalur trayek angkutan kota (angkot). Namun sekitar 15 tahun yang lalu, fungsi tersebut berubah akibat munculnya PKL di kawasan tersebut. Kesemrawutan di Komplek AURI ini berakhir ketika hari ini kawasan tersebut disterilkan dari PKL.

Dari data Dinas Pasar Kota Bukittinggi, hingga saat ini ada sekitar 400-an PKL yang berjualan di kawasan Komplek AURI tersebut. Dengan digusurnya PKL di sana, kawasan AURI akan kembali difungsikan sebagai trayek angkot.

Terima Kasih PKL AURI”

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias secara terbuka mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berjualan di Komplek AURI kawasan Aur Kuning Bukittinggi.

“Alhamdulillah penertiban pada hari ini berjalan dengan aman dan lancar. Bahkan para PKL dengan penuh kesadaran telah mau membongkar sendiri tempat jualan mereka, dari sore hingga tengah malam. Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi sangat menghargai dan sangat berterima kasih sekali. Terima kasih PKL AURI,” ucap Ramlan Nurmatis, Minggu 15 Mei 2016.

Menurut Ramlan, sebelum melakukan penertiban, dirinya telah bertemu dengan tokoh pedagang, dan sudah menjelaskan program pemerintah dalam penataan Aur Kuning, agar seluruh pedagang, pembeli dan seluruh pengunjung yang datang ke Aur Kuning merasa aman dan nyaman.

“Alhamdulillah penjelasan yang kami lakukan bisa diterima dan dimengerti pedagang. Percayalah, pemerintah tidak punya niat untuk mematikan pedagang. Saya juga pedagang kok. Tapi kami hanya ingin mengembalikan kejayaan Aur Kuning dengan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pedagang dan pengunjung,” jelas Ramlan.

Ramlan melanjutkan, mulai Senin 16 Mei 2016 besok, Komplek AURI telah bisa dimanfaatkan bagi trayek angkutan kota (angkot) dan angkutan pedesaan (angdes), dengan harapan para pembeli bisa langsung dapat mobil setelah belanja, dan tidak lagi harus berkeringat jalan kaki menenteng barang ke luar terminal.

“Mulai besok, ada sekitar 76 mobil yang akan masuk Komplek AURI ini. Pihak Organda juga telah menyatakan persetujuannya dengan kebijakan ini,” pungkas Ramlan.(KP/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Resnarkoba Polres Kampar Tangkap Pengedar Shabu di Desa Sei Jalau Kampar Utara

KAMPAR UTARA,newshanter.com – Tim Opsnal SatResnarkoba Polres Kampar tangkap seorang pengedar narkotika ...