Home / breaking / Kelompok Abu Sayyaf Bebaskan Empat Sandera lagi, Bagaimana Proses Pembebasan Retno Ogah Berkomentar

Kelompok Abu Sayyaf Bebaskan Empat Sandera lagi, Bagaimana Proses Pembebasan Retno Ogah Berkomentar

JAKARTA Newshanter.com – Usai sudah penantian empat WNI yang menjadi sandera kelompok militan pimpinan Abu Sayyaf. Kemarin (11/5), mereka bebas setelah nyaris satu bulan disandera. Informasinya, hari ini mereka akan dipulangkan ke Indonesia melalui Tarakan. Mereka adalah sandera kedua yang dibebaskan setelah sebelumnya 10 sandera yang ditawan sejak 26 maret bebas pada 1 Mei lalu.

Pembebasan keempat WNI itu disampaikan langsung Presiden Jokowi di Istana Merdeka kemarin. ’’Saat ini keempat sandera sudah berada di tangan pemerintah Filipina dan akan segera diserahkan kepada pemerintah Indonesia,’’ ujarnya didampingi Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilansir Prokaltim.

Menurut Jokowi, pembebasan itu berhasil berkat kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Filipina. ’’Keempat WNI tersebut saat ini dalam keadaan baik,’’ lanjutnya. Secara keseluruhan, mereka disandera selama 26 hari sebelum dibebaskan kemarin. Keempatnya diculik saat aksi pembajakan kapal tunda TB Henry dan kapal tongkang Cristi did laut Sulawesi. Dalam peristiwa itu, lima WNI selamat dari penculikan dalam kondisi salah seorang di antaranya tertembak.

Presiden mengungkapkan apresiasinya kepada pemerintah Filipina atas pembebasan tersebut. Menurut dia, keberhasilan itu juga tidak lepas dari inisiatif Indonesia untuk membentuk sebuah kesatuan operasi laut bersama tiga negara. Diharapkan, setelah ini tidak ada lagi pembajakan kapal dan penculikan did perairan internasional, khususnya did kawasan ASEAN.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo enggan berkomentar banyak terkait bagaimana proses pembebasan dan posisi keempat WNI tersebut saat ini. Dia meminta semua pihak untuk mengikuti pernyataan yang disampaikan pemerintah.

“Kan tadi sudah disampaikan (Presiden Jokowi),” ujarnya kepada Jawa Pos. Saat ditanya soal isu pembayaran denda, jenderal bintang empat itu juga memilih bungkam.

Pernyataan serupa juga disampaikan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Sutiyoso. Bang Yos –sapaan akrabnya, mengaku tidak mengetahu bagaimana proses pembebasan keempat ABK PT Global Trans Energy tersebut. “Saya tidak tahu, tanya Menlu (Menteri Luar Negeri),” tuturnya kepada Jawa Pos singkat.

Sebelumnya beredar kabar jika proses pembebasan tersebut melibatkan Pusat Intelijen (Pusintel) TNI AD. Namun ketika dikonfirmasi, Mabes TNI AD pun ikut memilih bungkam. “Kita tidak berkompetensi berstatmen. Satu suara saja dari pemerintah,” tegasKadispenad Brigjen Sabrar Fadhilah.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan, keempat WNI dalam kondisi baik. Saat ini, keempatnya sedang dalam proses pemeriksaan kesehatan oleh pihak Filipina. ”Sejak pagi saya komunikasi terus menerus dengan Menlu Filipina. Tentu saja, juga melakukan kontak dengan tim Indonesia di lapangan untuk memastikan kondisi para WNI,” tutur Retno di Kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta, kemarin.

Kabar baik ini, juga telah disampaikan pada pihak keluarga sandera. Kemenlu mengabarkan posisi terakhir dan kondisi keluarga mereka dengan harapan pihak keluarga bisa lebih tenang.

Soal pemulangan, mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu mengatakan, proses akan dilakukan usai pemeriksaan kesehatan rampung. Kemenlu bersama Panglima TNI saat ini sedang membahas intensif bagaimana teknis pemulangan kembali sandera ke tanah air. Belum pasti kapan waktunya. Retno hanya menegaskan, pemulangan dilakukan segera. ”Sekarang fokusnya memastikan mereka sehat. (Soal pemulangan) sedang berembuk bagaimana kita mengembalikan para sandera,” ungkapnya.

Disinggung terkait proses pembebasan dan siapa kelompok penyandera, Retno menolak memperinci. Dia mengatakan, hal itu menjadi tidak penting. Sebab, fokus utama pemerintah dalam membebaskan WNI dalam kondisi selamat sudah berhasil. ”Alhamdulilah keempat itu sudah dapat. Posisi sudah dengan otoritas Filipina tapi tim Indonesia sudah di sana,” paparnya. (jpnn/nho)

Empt Sandera Yang dbebaskan

Empt Sandera Yang dbebaskan

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

BACALON WALIKOTA BUKITTINGGI, HERMAN SAFAR SILAHTURAHMI DENGAN INSAN PERS DIKANTOR PWI BUKITTINGGI

Bukittinggi, News Hanter.com- Seorang putra daerah Bukittinggi yang sukses menjadi pengusaha yang ...