Home / HuKrim / Evy Disebut Siapkan USD 20 Ribu untuk Amankan Kasus, Jaksa Agung Membantah
Jaksa Agung Prasetyo/ Foto DTC

Evy Disebut Siapkan USD 20 Ribu untuk Amankan Kasus, Jaksa Agung Membantah

RIo Capella/ Foto DTC

RIo Capella/ Foto DTC

Jakarta -Newshanter.com,- Salah satu saksi kunci dalam persidangan eks Sekjen NasDem, Patrice Rio Capella, yakni Fransisca Insani Rahesti menyebut bahwa Evy Susanti telah menyiapkan uang USD 20 ribu untuk diberikan kepada Jaksa Agung HM Prasetyo sebagai upaya mengamankan kasus Bansos Sumut. Jaksa Agung, Prasetyo membantah tegas keterangan orang dekat Rio Capella itu.

“Suruh sebut berulang kali tidak apa-apa yang penting tidak. Tidak ada sedikitpun kita berhubungan dengan mereka saya jamin itu,” kata Prasetyo, Selasa (17/11/2015).

Prasetyo tak ambil pusing dengan keterangan yang terbuka di persidangan Rio Capella. Dia pun tak berniat menempuh jalur hukum untuk menggugat pihak-pihak yang ingin menyeret namanya di kasus yang menjerat Rio Capella dan Gatot Pujo Nugroho itu.

“Kita banyak kerjaan yang lain, kita pikirkan nanti seperti apa. Yang pasti sekalipun kita berhubungan tidak ada urusan dengan dia. lihat tatap muka secara langsung saja tidak,” tegas Prasetyo.

Selain itu dalam sidang sebelumnya, digelar Senin (16/11) Fransisca Insani Rahesti menyebut istri mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti sudah menyiapkan uang untuk Jaksa Agung. Jumlahnya cukup besar yakni 20.000 USD.

“Bu Evy bilang ada uang 20 ribu dollar untuk Jaksa Agung. Untuk Pak Rio ada lagi,” kata Sisca dalam persidangan di Pengadilan Tipikor di Jl Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sementara itu Evy juga menyebut ada sejumlah uang yang harus diberikan kepada salah seorang pegawai Kejagung. Uang yang diminta kepada dirinya sebesar Rp 300 juta.

“Namanya Maruli,” ujar Evy.

Namun saat ditanya apakah ada uang untuk Jaksa Agung, Evy membantah. Hakim Artha Theresia lantas menanyai Evy mengapa harus memberi uang untuk bertemu dengan Rio Capella.

“Kan saya disuruh oleh Sisca (untuk memberi uang Rp 200 juta kepada Rio Capella) Yang Mulia,” ujarnya.

Hakim Tolak Permohinan Rio Untuk Berobat

Sementara itu Terdakwa kasus dugaan penerimaan suap senilai Rp 200 juta, Patrice Rio Capella meminta izin kepada majelis hakim untuk keluar tahanan guna memeriksakan kesehatannya. Rio mengaku harus rajin bertandang ke RS Siloam untuk mengecek penyakit jantung yang dideritanya.

“Mohon dipertimbangkan, Yang Mulia. Karena penyakitnya cukup serius, sakit jantung,” ujar kuasa hukum Rio, Maqdir Ismail, di Pengadilan Negeri/HAM/Niaga/Tipikor dan Hubungan Industrial, Jl Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2015).

Namun hakim ketua Artha Theresia menolak permohonan tersebut. Menurutnya, Rio dapat memeriksakan kesehatannya kepada tim medis yang ada di Rutan.

“Keluar tahanan? Ya nggak boleh. Jadi pesan moral perkara ini, kalau sudah kurang sehat ya jangan korupsi atau melakukan hal yang mendekati korupsi,” ujar Hakim Artha.

Ia juga menyindir para terdakwa lain yang sering meminta izin untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. “Jadi tidak banyak alasan izin periksa jantunglah, periksa gigilah, periksa behel,” katanya diiringi tawa para peserta sidang.

Hakim Artha mengimbau agar Rio menjaga kebugaran tubuhnya. Ia diminta rajin berolahraga selama di Rutan. Sehingga diharapkan persidangan Rio tak akan terganggu dengan penyakit yang dideritanya.

“Kalau seandainya saudara memerlukan penanganan medis yang lebih, yang tidak ada di Rutan, majelis akan memberikan izin,” tuturnya.,(DTC/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Launcing Team Gakkum Pelanggaran Protokol Kesehatan

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri ...