Home / Nasional / Direktur LBH Jakarta: TNI dan Polri Tidak Paham Sedang Diinjak-injak Ahok
DIREKTUR LBH JAKARTA Alghiffari Aqsa/ foto net

Direktur LBH Jakarta: TNI dan Polri Tidak Paham Sedang Diinjak-injak Ahok

JAKARTA.Newshanter.com – Peraturan Gubernur Nomor 228 Tahun 2015 tentang Penyampaian Pendapat yang dikeluarkan Gubernur Ahok melecehkan peran TNI. Demikian dinyatakan Direktur Lembaga Bantuan Hukum Jakarta Alghiffari Aqsa. Karena, berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014, TNI berperan menjaga kedaulatan negara untuk pertahanan negara. “TNI harusnya berada di layer pertama untuk kedaulatan. Yapi, dalam pergub itu, TNI diletakan di layer paling bawah untuk ketertiban umum,” ujar Aqsa di Kantor LBH Jakarta, Jumat (07/11/2015).

Peran TNI, lanjutnya, adalah alat pertahanan negara. Untuk masalah keamanan ada pada ranah kepolisian dan ketertiban umum ada di satpol PP. Diungkapkan Aqsa, pergub ini meletakkan TNI pada level paling bawah. “Saya rasa ini menghina TNI yang seharusnya untuk menjaga keutuhan NKRI,” tutur Aqsa.

Jika TNI memiliki wewenang membubarkan demonstrasi, tambahnya, ini sama dengan masa Orde Baru. “Kita susah payah tahun 1998 menghapus Dwifungsi TNI dan memisahkan dengan Polri. Sekarang hanya dengan gubernur, amanat reformasi mau dikesampingkan. Aneh, ini kebijakan yang tidak ada landasannya dan tidak ada riset, kebijakan yang sangat konyol,” ujar Aqsa.

Belum adanya respons dari TNI dan kepolisian sampai sekarang mengenal hal tersebut, menurut Aqsa, karena mereka tidak paham diinjak-injak oleh seorang gubernur. “TNI-Polri tidak paham hukum juga. Atau TNI-Polri ingin kembali ke ranah sipil seperti zaman Orde Baru. Ingin diletakkan di bawah gubernur,” katanya.

Ia juga menilai, sejauh ini tidak ada komunikasi pemerintah dengan masyarakat, sosialisasi, dan tidak ada kajian. ” Kami baru tahu dua hari setelah ditandatangani. Ini kebijakan paling kacau,” kata Aqsa. (PRIBUMINEWS)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

2 Pelaku Curanmor Diringkus Polsek Tapung Saat Akan Jual Motor Yang Baru Dicuri

TAPUNG,newshanter.com – Unit Reskrim Polsek Tapung berhasil menangkap 2 tersangka pelaku Curanmor ...