Home / Nasional / Gubernur Alex Noerdin Sumsel, Bantah Penyumbang Asap Terbesar
alex noerdin

Gubernur Alex Noerdin Sumsel, Bantah Penyumbang Asap Terbesar

Jakarta -Newshanter.com Tudingan Sumatera Selatan disebut penyumbang asap terbesar membuat telinga Gubernur Alex Noerdin memerah. Ia telah mengerahkan segala daya upaya memadamkan kebakaran hutan dan meminta segenap pihak tidak saling menyalahkan.

Alex Noerdin awalnya hadir dalam rapat koordinasi bencana kabut asap di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang digelar di Ruang Utama Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Rapat dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, dan dihadiri oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Hadir juga Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Plt Gubernur Jambi Irman. Sementara kawasan Kalimantan para kepala daerahnya diwakili oleh para Kepala BPBD.

Dalam pemaparannya, Alex Noerdin menyebut awalnya ada 370 titip api di Sumsel. Namun dalam waktu singkat, pihaknya telah memadamkan lebih dari separuhnya. “Kemarin saya hajar semua bupati dan wali kota. Dan pagi ini tinggal dua kabupaten saja yang ada titik api, jumlahnya tinggal 51 hotspot, yaitu 7 di Banyuasin dan 44 di Ogan Komering Ilir,” ujar Alex.

Berdasarkan data ini, Alex mengklaim wilayahnya bersih dari bencana asap. “Jadi Pak Gubernur, bersih di kami semuanya,” kata Alex kepada Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang duduk di sampingnya.

“Tunjukin ke kamilah,” timpal Arsyadjuliandi yang pada Senin kemarin menyatakan daerahnya darurat polusi udara karena kebagian asap dari provinsi tetangga.

Alex meminta setiap wilayah fokus untuk memadamkan api di kawasan masing-masing. “Jadi janganlah kita saling salah-menyalahkan, kita padamkan sendiri-sendiri, jadi mohon maaaf kalau asapnya nyeberang ke sana,” kata Alex.

Ia tidak setuju jika Sumsel disebut sebagai penyumbang asap untuk wilayah tetangganya. “Kalau dikatakan Sumsel penyumbang asap terbesar, tidak juga. Wilayah yang paling banyak dari selatan kalau angin berhembus ke selatan, kenapa Palembang aman-aman saja. Airport kami tidak pernah tutup. ISPU kami memang tidak sehat, tapi ISPA 2,1 persen. Jadi tidak signifikan,” jelas Alex.

“Dan tadi pagi rasanya sudah pulih airport kami, justru pas mau mendarat di Cengakareng yang banyak asapnya. Mudah-mudahan dalam waktu 1 minggu Sumsel bebas dari bencana asap,” tambah Alex.(DTC)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Kejati Dan KNPI Malut Komitmen Bersama Melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Ternate-Newshanter.com Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara Dr.Erryl Prima Putra Agoes menerima kunjungan ...