Home / Kesehatan / Waspadai Permen dan Makanan Manis Mengandung Narkoba

Waspadai Permen dan Makanan Manis Mengandung Narkoba

permen-narkoba1Jakarta,Newshanter.com,- Sepintas, permen ini memang terlihat sama seperti permen pada umumnya. Tapi permen yang satu ini beda. Bentuknya semacam permen lolipop, tapi bukan permen biasa. Makanan manis ini di dalamnya ada narkoba, tepatnya jenis ganja dan sabu-sabu. Parahnya, peredaran permen narkoba ini memasuki sekolah-sekolah, seperti di Bandung dan Bogor.

“Ya, saat ini narkoba bisa dalam bentuk apa saja, seperti permen, biskuit, bahkan dicampur ke bahan makanan. Yang penting bentuknya menarik untuk konsumennya,” ujar dokter spesialis kesehatan jiwa, dr. Hans Christian Dharma, Sp. KJ.

Para pengedar narkoba mungkin memang punya alasan sendiri, kenapa anak-anak sekolah dan kuliahan jadi target mereka. Tapi yang jelas, alasan utamanya karena di umur tersebut mereka masih suka meraba-raba hal yang baru.

“Kondisi seperti ini membuat kita harus waspada, khususnya orang tua. Anak-anak yang masih di usia sekolah dan remaja sangat rentan terhadap hal-hal yang baru. Nggak hanya itu, rasa ingin taunya juga sangat besar dan pengen tau banyak hal,” kata dokter yang pernah mengisi seminar tentang penyalahgunaan narkoba di acara Badan Narkotika Nasional (BNN) Jakarta.

Permen kertas

Menurut Dr Hans, Bentuk permen kertas seperti perangko dan tampak biasa saja. Tetapi, ini golongan narkoba yang cukup berbahaya, bernama Lysergic Acid Diethylamide (LSD). LSD berbentuk lembar persegi berukuran sekitar 10 cm x 10 cm dengan isi sekitar 100 potongan kecil yang dapat disobek untuk digunakan.

Biasanya si penjual permen bentuk ini banyak menggunakan tokoh-tokoh kartun untuk menarik perhatian anak-anak. “Efek utama dari LSD adalah berhalusinasi dan menimbulkan ketagihan. Jadi si anak pasti akan terus coba-coba lagi dan itu yang menghawatirkan untuk ke depannya,” tegasnya.
Sementara itu Kepala BNN Kabupaten Bogor, Nugraha Setia Budi mengatakan, para pengedar menyamarkan jenis narkoba kedalam campuran bahan pembuat permen untuk menargetkan pasar anak-anak pelajar. Untuk itu tak tanggung-tanggung harga yang ditawarkan sangat murah berkisar antara Rp. 1000 hingga Rp. 3000.

Lalu Bagaimana cara membedakan narkoba dalam permen dengan permen biasa? Bagi orang awam memang akan sangat sulit untuk membedakannya. “Ciri-ciri bisa dikenali dari perubahan perilaku anak,” ungkapnya.

Perubahan perilaku pada anak ini akan mengubah anak yang tadinya periang menjadi pendiam bahkan pada saat yang parah kebutuhan uang jajan anak-anak semakin meningkat, dan jika sampai pada taraf kecanduan maka anak akan melakukan segala cara untuk mendapatkan narkoba.

Berikut Beberapa Permen yang Mengandung Narkoba

1. Permen berbentuk gagang dengan kemasan berlabel Cannabis, permen ini diduga mengandung ganja.

2. Lolipop warna-warni mengandung bahan pembuat sabu-sabu.

3. Strawberry meth atau strawberry quick merupakan narkoba kristal berbentuk bulat mirip permen pop rock rasa strawberry.

4. Berbentuk permen karet. Permen ini merupakan hasil olahan ekstasi dan dikemas dengan bungkus kartun lucu dengan merek permen karet yang biasa dijumpai.

5. Lysergic Acid Diethylamide (LSD) yaitu permen berbentuk sebesar perangko, bergambar kartun lucu dan colorfull. Permen narkoba ini mengandung zat lisergida.

6. Permen magic pop, mirip pop rock dan mengandung amphetamine.(SP/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Teluk Gelam OKI potensial untuk dijadikan rujukan terapi kanker

Kayuagung (OKI), Newshanter.com – Data Kementrian Kesehatan menyebut Pengidap kanker makin bertambah ...