Home / uncategorized / Kapolri Resmikan Pemugaran Monumen Polwan Di Bukittinggi
kapolri tanda tangani monumen plwan/ foto Istimewa

Kapolri Resmikan Pemugaran Monumen Polwan Di Bukittinggi

kapolri

kapolri

BUKITTINGGI , Newshanter.com – Bertepatan dengan hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-67, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti Selasa (01/09/2015) meresmikan Monumen Polwan di Bukittinggi. Monumen tersebut baru selesai di pugar.Peresmian Monumen Polwan dihadiri pejabat Mabes Polri, senior dan sesepuh Polwan, PJb Gubernur Sumatera Barat D Moenek, dan para Ninik Mamak, dan tokoh Masyarakat Sumbar serta sekitar 1.000 Polwan dari seluruh Indonesia.

Peresmian pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai salah satu benda cagar budaya di Kota Wisata Bukittinggi, yang proyek renovasinya dilakukan sejak bulan Februari 2015 lalu.

Kapolri, Jendral Pol. Badrodin Haiti, dalam sambutanya mengatakan, dirgahayau Polwan ke 67 sangat spesial pada tahun ini, karena pada kesempatan tersebut hadir sekitar 2000an Polwan yang bersal dari seluruh Polda yang ada se-Indonesia
Peresmian Monumen Polwan yang merupakan cikal bakal keberadaan Polwan pertama di Kota Bukittinggi, inilah awal sejarah hadirnya enam Polwan pertama di Indonesia.

Kapolri dan Ketua Bayangkri memotong nasi tupeng, saat_hadiri hari jadi_polwan_di_bukittinggi/ foto istimewa

Kapolri dan Ketua Bayangkri memotong nasi tupeng, saat_hadiri hari jadi_polwan_di_bukittinggi/ foto istimewa

“Ke enam polisi wanita pertama itu, yakni Kolonel Polisi Nelly Pauna Situmorang, Kolonel Polisi Mariana Mufti, Kolonel Polisi Djasmaniar Husen, Kolonel Polisi Rosmalina Pramono, Kolonel Polisi Rosnalina Taher, Letnan Kolonel Dahniar Sukotjo,” ungkapnya

Badrodin Haiti menjelaskan, hadirnya ribuan Polwan pada hari jadi ke 67 ini merupakan momen yang sangat penting, karena mereka dapat melihat langsung Monumen bersejarah yang menjadi lambang kebanggaan Polwan.

“Di usia yang semakin matang ini, seluruh Polwan yang ada saat ini sebanyak 21.211 orang, akan menjadi srikandi-srikandi Bhayangkara yang senantiasa membawa harus nama besar Polri melalui tugas pokok dan fungsi mereka masing-masing,” jelas Kapolri.

Kapolri berharap kepada personil-personil Polwan yang ada di seluruh jajaran Polda se-Indonesia dalam memberi pelayanan, selalu menjaga citra Polisi sebagai abdi negara yang tegas, profesional dan semakin membaik, berkat sentuhan Polwan-polwan yang Humanis dan dekat dengan masyarakat, pungkasnya

Monumen Polwan di Bukittinggi yang terletak di jantung kota bukittinggi ini berdiri sejak tahun 1993. Di usianya yang ke-22, monumen ini telah mengalami kerusakan akibat faktor alam dan manusia. Oleh karena itu, pemugaran dilakukan agar bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi Kota Bukittinggi serta menambah khazanah sejarah bagi kota wisata ini.

monumen polwan di bukittinggi

monumen polwan di bukittinggi

Sejak diresmikan pada tahun 1993, bangunan fisik monumen mengalami banyak kerusakan. Atas saran dan dukungan ibu asuh Polwan Elly Sutarman yang merupakan istri Kapolri saat itu, Jenderal Sutarman, monumen direnovasi. Walhasil, Polwan mengirim tim untuk melakukan survei ke lokasi monumen.

Hasil survei menunjukkan jika kondisi fisik bangunan monumen sudah tidak layak lagi untuk tetap berdiri di tengah lingkungan strategis Bukittinggi yang juga semakin berkembang. Karenanya, perlu dilakukan pemugaran dan Polwan ketika itu segera membentuk tim dan merencanakan pemugaran serta merenovasi kondisi fisik monumen mulai dari design bangunan, patung, prasasti, pagar, dan gerbang monumen yang disesuaikan dengan adat budaya Sumatera Barat.(Ratna)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Warga Resah Wisma Lily Sorek Satu Diduga Tempat Mesum, Bebas Bawak Pasangan

PELALAWAN, NEWSHANTER.com – Keberadaan Wisma Lily yang berada di Kelurahan Sorek Satu ...