Home / Ekonomi Bisnis / BRI Kuat Meski Dolar Rp 16.000,-
Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso,

BRI Kuat Meski Dolar Rp 16.000,-

Jakarta -Newshanter.com,- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) melakukan uji ketahanan atau stress test, sampai tingkat dolar berapa masih bisa bertahan. Hasilnya, bank BUMN ini masih aman hingga dolar Rp 16.000.

“Kami melakukan stress test di Rp 16.000, masih aman,” ujar Wakil Direktur Utama BRI, Sunarso, saat ditemui di Hotel Millenium, Jakarta akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, posisi aman tersebut karena portofolio BRI di valuta asing (valas) minim, sehingga risiko tertekan oleh penguatan dolar AS juga minim.

“Karena portofolio BRI di valasnya tidak besar, kecil. Portofolio korporasi saja cuma 20%, di dalamnya banyak rupiah, LDR valas baru 60%,” katanya.

Meski begitu, Sunarso menyebutkan, risiko kenaikan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) tetap ada, dan akan lebih tinggi dengan kondisi dolar yang terus mengalami penguatan.

BRI memprediksi, NPL akan naik ke 2,5-3,5% di tahun ini. Saat ini, NPL gross industri sebesar 2,47%.

“Kami kan memprediksi NPL nasional 2,5-3,5%, ini kami jaga mati-matian, itu gross. Zaman dulu NPL 5-6%, kalau BRI sekarang NPL netto 0,66%,” imbuhnya.(DTC)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

*Inovasi Pertamina EP Asset 2 : Tingkatkan Produksi dan Tambah Cadangan Baru Migas*

Sumsel-newshanter.com Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja ...