Home / uncategorized / Siapa Calon Kuat Ketum PP Muhammadiyah Penganti Din Syamsudin ??

Siapa Calon Kuat Ketum PP Muhammadiyah Penganti Din Syamsudin ??

logo muhadiyahJakarta.newshanter.com,-Sejumlah isu kebangsaan bakal dibahas di Muktamar ke-47 Muhammadiyah yang bakal digelar di Makassar 3-7 Agustus 2015 mendatang. Namun ada yang tak kalah hangat yakni perbincangan tentang siapa yang bakal jadi ketum PP Muhammadiyah.

Sebelum muktamar, Muhammadiyah akan terlebih dulu menggelar Sidang Tanwir pada 1-2 Agustus di Makassar. Saat ini ada 82 nama calon Ketum Muhammadiyah. 82 Nama itu akan dikerucutkan menjadi 39 nama calon tetap oleh 204 pemilih suara di sidang tanwir. Lalu, 39 nama itu dibawa ke muktamar.

Ada beberapa kandidat yang masuk dalam 82 nama itu dan diyakini bakal lolos di sidang tanwir dan ikut dalam pemilihan di arena muktamar. Nama-nama yang sudah santer terdengar, Kamis (30/7/2015) antara lain: Yunahar Ilyas, Syafiq Mughni (eks PWM Jateng), Abdul Mukti (Sekretaris PW Muhammadiyah), Haidar Nasir (pengurus PP Muhammadiyah).

Selain itu ada juga dua nama yang menghangat belakangan ini yakni Hajriyanto Thohari (eks Wakil Ketua MPR) dan Busyro Muqoddas (eks pimpinan KPK).

Mekanisme Pemilihan

Muhammadiyah akan memilih Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) di Muktamar ke-47. Runtutan tata cara pemilihannya sebagai berikut.

Awalnya panitia pemilihan menyebar formulir ke sejumlah tokoh Muhammadiyah. Formulir itu menanyakan kesediaan seorang tokoh menjadi ketum PP. Untuk tahun 2015 ini, panitia pemilihan menyebar 108 formulir. Dari jumlah tersebut, hanya ada 96 formulir yang dikembalikan oleh tokoh-tokoh yang menerima.

Dari 96 formulir yang kembali, sebanyak 83 menyatakan bersedia dan 13 calon menyatakan tidak bersedia. Selanjutnya, nama-nama para tokoh yang bersedia menjadi calon ketum PP dibawa ke Sidang Tanwir Muhammadiyah. 204 Pemilik suara di sidang tanwir akan menyortir nama-nama tersebut menjadi tinggal 39 calon.

Di muktamar, 2.600 pemilik suara akan memilih 13 dari 39 nama yang tersedia. Mekanismenya mirip seperti pemilihan di sidang tanwir, satu orang memilih 13 nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Nama-nama terpilih lalu diperingkat, 13 nama yang paling banyak dipilih akan menjadi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan bersidang untuk memutuskan ketum PP Muhammadiyah yang baru.(DTC/NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Pendisiplinan Masyarakat, Polsek Pangkalan Kuras Kembali Gelar Operasi Yustisi

PELALAWAN, NEWSHANTER.com – Polsek Pangkalan Kuras bersama TNI dan Satpol PP Kabupaten ...