Pendukung Irwan Fikri Kembali Demo Sempat Memanas

AGAM, Newshanter.com— Ratu­san massa pendukung pasa­ngan Calon Bupati dan Wa­kil Bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chai­runas kembali mendatangi Kantor KPU Kabu­paten Agam, Rabu (16/12/2015). Kedatangan mereka mena­gih janji data C6 yang sebe­lumnya disanggupi oleh KPU Agam.

Ratusan massa tersebut datang tidak jauh beda de­ngan kedatangan pertama kali, dengan mambawa se­jum­lah spanduk, mobil, sekitar Pukul 13.30  WIB. Pihak keamanan memper­silahkan sekitar 10 perwa­kilan massa untuk mediasi dengan pihak KPU Agam.

Hingga pukul 18.00 WIB belum ada titik temu antara data yang diberikan KPU dengan apa yang d­iminta oleh massa pen­du­kung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fi­kri- Chairunas. Mediasi berlangsung alot, sementara massa yang di luar ber­angsur-angsur pulang.

Koordinator lapangan ak­si massa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas, Darman Kha­lid, mengatakan, kedata­ngan Ratusan masa pendukung pasa­ngan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas ke kantor KPU Agam, untuk menagih janji KPU Agam untuk menunjukan sejumlah bukti data yang mereka minta.

“ Massa yang datang berasal dari wilayah Agam Timur dan Agam Barat. Sebelum mela­kukan aksi kita sudah menekan­kan kepada massa untuk melaku­kan aksi dengan tertib, sembari me­nunggu hasil perwakilan yang berdialog dengan KPU,” jelasnya.

Dikatakannya, kalau tuntutan ini belum ada titik terangnya, kami akan terus melakukan aksi dengan massa yang lebih banyak lagi, jika tuntutan mereka tidak diindahkan.

Usai berorasi tak puas jawaban dari KPU, perwa­kilan mereka mendatangi Kantor Panwas di jalan veteran dengan tujuan menanyakan bagaimana tindak lanjut dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU dan tim Paslon.

Suasana demo  sempat memanas. Pendemo berusaha menerobos pengawalan ketat aparat keamanan untuk membubarkan sidang pleno dimaksud. “Kami ingin rapat pleno dibatalkan dan lakukan kembali Pilkada ulang!” teriakan seperti itu membahana.

Saat  itun Irwan Fikri muncul ke tengah para pendemo, ketegangan mulai mereda. Kala itu, Irwan Fikri menyampaikan permintaan maaf kepada unsur Muspida dan masyarakat, serta meminta agar para pendemo tidak melakukan aksi anarkis.

Ia meminta agar masyarakat menghargai rapat pleno yang sedang berlangsung. Karena mereka itu (KPU Agam) hanya menjalankan tugas negara.

“Saya sangat terharu dengan apa yang telah dilakukan masyarakat demi keadilan ini,” ucap Irwan Fikri dengan meneteskan air mata.

“Kalian cinta Agam? Saya lebih cinta Agam. Maka jagalah keamanan dan mari bubar,” ujarnya menenangkan pendemo.

Massa pendemo pun membubarkan diri. Sementara Sidang Pleno Penghitungan Suara terus berlangsung dengan aman.

Ketua KPU Kabupaten Agam Al Hadi, me­ngatakan, pihak sudah menun­jukan data C6 dan di photo oleh perwakilan masa pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Agam, nomor urut satu Irwan Fikri- Chairunas. Apabila KPU dinilai melakukan pelang­garan masa dipersilahkan mela­porkan kepada Panwas, dan Kepolisian.

“ Pelaksanaan pemilihan kepala daerah sudah dilaksana­kan oleh KPU Agam sebaik mungkin. Jika massa pendukung Irwan Fikri- Chairunas tetap tidak puas, kami persilahkan mereka melaporkan itu kepada panwas dan kepolisian. KPU sejuah ini sudah bekerja dengan maksimal, mencegah peluang terjadinya pelanggaran,” katanya.

Pengamat dari LSM Koma, Ms. Marajo, mengaku aksi yang dilakukan oleh massa pendukung Irwan Fikri merupakan reaksi yang sangat wajar atas ketidak­puasan mereka dengan hasil yang diperoleh pasangan yang mereka dukung. Tetapi jangan sampai langkah tersebut menjadi offside dan malah merugikan Irwan Fikri sendiri.

“Keberhasilan Irwan Fikri meraih suara besar di Kabupaten Agam wilayah Barat merupakan prestasi yang luar biasa. Tetapi respon yang berlebihan dari pada relawan maupun simpatisan bisa saja berbalik membuat hilangnya simpati masyarakat, sehingga membuat popularitas Irwan Fikri menjadi menurun,” katanya.

Idealnya respon paska pil­kada dikeluarkan dengan sewa­jarnya, simpati masyarakat dipas­tikan akan terjaga apabila pasa­ngan yang diusung bisa meredam aksi tersebut. Apalagi semua pihak sebelumnya sudah menya­takan siap menang maupun kalah yang dituangkan di bawah tajuk Pilkada badunsanak,” jelasnya. (hln/ NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    HIKKMA OI Dukung Ir H Mawardi & Drs Ratu Dewa untuk Sumsel

    Palembang, newshanter.com – Dalam sebuah acara Halal Bi Halal yang diadakan oleh Himpunan Keluarga ...