Ribuan warga Tanah Datar terisolasi, jembatan Turawan amblas

Tanah Datar.Newshanter.com, Sebuah Jembatan terletak di Nagari Turawan Tigo Koto Kecamatan Rambatan, Tanah DAtar Sumatera Barat, tiba-tiba ambruk, menyebabkan ribuan warga setempat resah karena terancam terisolasi dengan aktivitas sehari-hari tidak dapat dilakukan, terutama bagi tenaga guru maupun PNS, karena mereka terpaksa menempuh jarak yang cukup jauh dan memutar.

Ambruknya jembatan itu sempat membuat warga kaget, karena peristiwa itu terjadi tiba-tiba tanpa pertanda seperti gempa ataupun banjir.

“Kami benar-benar kaget. Entah kenapa jembatan Turawan itu ambruk,” ucap Usman bin Apan, salah seorang tokoh masyarakat setempat kepada Metrans, Senin (9/10/2017).

Disebutkannya, jembatan tersebut merupakan jembatan kabupaten yang dibangun pada tahun 1966. “Empat tahun lalu jembatan itu direnovasi dan diperlebar. Entah kenapa tiba-tiba sore tadi jembatan itu ambruk,” tambah Usman.

Jembatan yang berlokasi persis di samping pasar Turawan itu menghubungkan 10 jorong di Nagari Turawan. Kini, sekitar 5.000 warga setempat untuk ke dan dari Turawan harus jalan berbelok menuju Gologandang.

“Selisih jarak jalan memutar dibanding jalan Simpang Gobah mencapai 3 kilometer. Kami berharap, karena ini bencana alam yang tak diduga, diharapkan segera diperbaiki pemerintah,” tambah Usman.

Selang beberapa menit kemudian, unsur kecamatan dan kabupaten setempat berdatangan ke lokasi kejadian. Bahkan di lokasi jembatan ambruk itu diberi police line (garis polisi). Tak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas PU Tanah Datar, Thamrin ketika dikonfirmasi oleh Metrans mengungkapkan, jembatan yang amblas itu sebelumnya jembatan kecil dan pada tahun 2014 diperlebar melalui dana PNPM Mandiri.

Berdasarkan keterangan dari warga setempat, katanya, jembatan tersebut telah tiga kali dihantam banjir sehingga pondasi jembatan itu mulai tergerus sehingga mengakibatkan ketahanan jembatan itu semakin berkurang dan akhirnya amblas seperti yang terjadi saat ini.

Dikatakan, pihaknya akan membuatkan leger sebagai pengganti jembatan sementara, namun leger itu hanya bisa dilalui oleh mobil sebesar L300 tanpa muatan.

“Pembangunan jembatan secara permanen sebagai pengganti jembatan yang amblas itu belum bisa kita lakukan pada tahun ini maupun tahun depan,karena untuk anggaran APBD Tahun 2018 sudah ketok palu, namun akan kita upayakan pada anggaran perubahan 2018 nanti,” pungkasnya. ((Metrans)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    Pos-pos Terbaru

    x

    Berita Lain

    *Polsek Senapelan Gelar Acara Buka Bersama Dan Berikan Santunan Kepada Anak Yatim Di Wilayah Kerjanya*

    PEKANBARU,newshanter.com _ Keluarga besar Polsek Senapelan melaksanakan acara buka puasa bersama dengan anggota dan ...