Home / breaking / Oesman Sapta Odang (OSO) Gebu Minang Belum Tentukan Sikap di Pilpres 2019

Oesman Sapta Odang (OSO) Gebu Minang Belum Tentukan Sikap di Pilpres 2019

JAKARTA -Newshanter.Com. Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) Oesman Sapta Odang menegaskan bahwa organisasinya belum menentukan sikap politiknya di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.Pasalnya, Gebu Minang berfokus membangun ekonomi kerakyatan.

“Kami belum membicarakan soal dukungan di Pemilu 2019, karena masih fokus pada internal,” kata Oesman usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan peringatan Hari Ulang Tahun organisasi tersebut, di Jakarta, Sabtu (26/1/2019).

Dia mengatakan Gebu Minang merupakan gerakan ekonomi kerakyatan sehingga tanpa ikut politik, organisasinya ikut andil dalam pembangunan negeri.Oesman mengakui bahwa organisasinya diharapkan ikut andil dan ambil bagian dalam pemilu serta Pilpres 2019.

Namun organisasinya belum mengarah ke kancah politik, maupun dukungan ke capres dan cawapres.”Meski berbeda-beda pilihan, kami tetap satu tujuan untuk membangun Minang,” ujarnya.

Namun dia mengatakan, organisasinya menyelenggarakan Rakernas Sabtu-Minggu (26-27 Januari) yang dihadiri pengurus Gebu Minang dari daerah se-Indonesia untuk menentukan arah politik di Pemilu 2019.

Menurut dia, hasil rapat itu akan dititipkan ke warga Minangkabau untuk diteruskan ke segala penjuru negeri.

“Semua kita akan titipkan. Kita boleh berbeda-beda tapi satu tujuan satu kepentingan dan satu pembangunan untuk Minang,” katanya.

Selain itu Oesman juga mengajak warga Minang khususnya yang berada di organisasi Gebu Minang, agar tetap kompak dimanapun tinggalnya.

Untuk itu dia berpesan, agar masyarakat Minang dimana pun berada tetap harus menjaga budaya dan adat istiadat sehingga menjadi masyarakat yang disegani dan turut serta membantu pembangunan negeri ini.

Untuk diketahui, Gebu Minang adalah gerakan sosial masyarakat Minang yang berfokus pada agenda ekonomi dan budaya. Gerakan ini, muncul pertama kali di penghujung era 80an, tepatnya 24 Desember 1989.

Kala itu, Gebu Minang adalah akronim dari Gerakan Seribu, dimana seluruh masyarakat Minang baik di dalam maupun di luar negeri, kompak menyumbangkan Rp1.000 miliknya untuk pembangunan kampung-kampung masyarakat Minang.

(sumber : Tribune)

About ZP NHO

x

Berita Lain

Bawaslu Bukittinggi Gandeng Media Dalam Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2019

Bukittinggi, News Hanter.com- Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 akan memasuki tahap krusial ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 02-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC