Home / breaking / Gubernur Sumsel Herman Deru Buka SRC Expo PT HM Sampoerna TKB, Berjanji Beri Kemudahan Perizinan
Kiri ke kanan - Renny Nasrun perwakilan INOTEK Indra Uno, Pemilik Radja Cell Budi Lubis, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, bersama Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Selatan Febrita Lustia Herman Deru, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Selatan Musiawati Najib Manager Regional Relations & CSR PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) Arief Triastika dan Kepala Wilayah Sumatera Selatan Rianto Probo saat pembukaan SRC Expo di Palembang Trade Center, Sabtu (10/11/2018).

Gubernur Sumsel Herman Deru Buka SRC Expo PT HM Sampoerna TKB, Berjanji Beri Kemudahan Perizinan

Palembang. Newshanter.com.-PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama komunitas retail binaannya Sampoerna Retail Community (SRC) menggelar kegiatan SRC Expo untuk menginspirasi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumatera Selatan agar lebih kreatif, mandiri, dan memiliki daya saing yang tinggi.Acara digelar di Atrium PTC Mall Palembang, dibuka Gubernur Sumkatera Selatan Herman Deru, Sabtu (10/11/2018).

Herman Deru dalam sambutanya berjanji akan memberikan kemudahan perizinan SRC di tingkat 17 kabupaten/kota se-Provinsi Sumsel. Hal ini sebagai bentuk apresasi terhadap SRC yang turut andil dalam meningkatkan perekonomian di Sumsel.

“Pemprov Sumsel memberikan bonus, yakni akan mengimbau seluruh pelayanaan perizinan di tingkat kabupaten/kota untuk mempermudah perizinan yang akan diajukan oleh anggotanya,” ungkapnya.

Ia berharap SRC terus melakukan kerja ikhlas. Mengingat SRC tidak ada orientasi profit, di mana dilakukan dengan penuh keihlasan. Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini juga mengimbau agar SRC membuat ATM desa atau berkerja sama dengan perbankan yang sudah melakukan cara-cara seperti BRI link.

“SRC yang juga punya bank melakukan itu, sehingga masyarakat di desa yang mau bertransaksi tidak perlu membawa uang tunai. Bukan berarti kita tidak yakin terhadap kenyamanan, tapi kita butuh juga jaminan bahwa uang-uang yang beredar di desa itu terdeteksi dengan baik,” katanya

“SRC juga akan selalu di hati masyarakat, untuk pelaku ekonomi taatilah saran-saran dari petugas SRC tentu ada yang dianjurkan dan ada yang tidak dianjurkan di dalam proses transaksinya. Yakinlah ini bentuk tujuan baik untuk meningkatkan perekonomian, dan saya tahu setiap yang sudah disentuh SRC selalu omzetnya naik,” imbuhnya.

Di pun berjanji, tepat di 40 hari menjabat gubernur ini akan membawa pelaku ekonomi menjadi garda terdepan meningkatkan kesejahteraan rakyat, terkhusus pelaku ekonomi di desa.

“Saya sangat mengapresiasi pelaku ekonomi di desa. Saya ingin mewarnai sendiri di masa jabatan saya, bahwa pelaku ekonomi harus menjadi garda terdepan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Sedangkan untuk pelaku ekonomi, HD berpesan lebih cermat lagi dalam menyikapi situasi pasar yang saat ini ada. Apalagi di zaman sekarang ini sudah bertarung berlomba antara pelaku ekonomi yang konvensional dan digital. Untuk menumbuhkan kerja sama UMKM di Provinsi Sumsel, ia mengimbau untuk bekerja sama dengan semua pihak.

“Maka pemerintah harus jadi penyeimbang usaha yang berbasiskan digital harus jalan, tapi konvensional ataupun tradisional tidak boleh hilang. Karena ada pesan- pesan silaturahmi di dalamnya. Kita harus tetap kembangkan pasar- pasar tradisional, tetapi dengan sentuhan kekinian. Mempertahankan kearifan lokal itu bukan berarti kita ini jadul maupun ketinggalan. Kita ada penghormatan khsusus terhadap penerapan awalnya dimulai dahulu kala,” paparnya.

“Jadi jangan malu-malu, pemerintah uangnya terbatas tapi hubungan pemerintah tidak terbatas. Jadi Saya ajak pelaku usaha besar di Sumsel ini, mulai dari tenaga kerja sampai CSR-nya harus langsung menyentuh ke masyarakat,” tandasnya.

Sementra itu Kepala Wilayah Sumatera Selatan Sampoerna, Rianto Probo Hartono, mengatakan meyakini bahwa dengan semakin majunya para pelaku UKM, maka roda perekonomian daerah setempat pun akan bergulir dengan lebih cepat pula.

Pemberdayaan UKM merupakan upaya Sampoerna dalam mendukung pemerintah untuk mengakselerasi kemandirian ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah. Semangat ini kami tuangkan dalam payung program perusahaan yaitu Sampoerna untuk Indonesia.

Selain itu, sejalan dengan komitmen tersebut kami juga menyelenggarakan SRC Expo yang ditujukan bagi mitra retail binaan kami di Sumatera Selatan. Acara ini bertujuan menjangkau lebih banyak pelaku UKM, menggali potensi mereka, dan membuka akses terhadap berbagai peluang bisnis lainnya, ujar Rianto.

Menurutnya Program Sampoerna untuk Indonesia menggunakan pendekatan keberlanjutan dalam bentuk pembangunan kapabilitas yang terintegrasi dalam memberdayakan UKM.

Program ini berfokus pada dua sektor, yaitu peretail tradisional melalui Sampoerna Retail Community (SRC) dan wirausaha lainnya melalui Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna. Sekitar 100.000 mitra dagang dan pelaku UKM telah bergabung sejak 2007.

Di provinsi Sumsel, sebanyak 2.500 toko retail tradisional sudah menjadi bagian dari SRC dan dibina oleh Sampoerna secara berkelanjutan. Acara SRC Expo dihadirkan untuk mendukung semangat kewirausahaan di Sumsel dalam bentuk pameran retail tradisional.

Rangkaian acara termasuk pertemuan para pelaku UKM dengan berbagai pihak yang akan memperkuat jejaring bisnis mereka, pelatihan kewirausahaan, dan seminar untuk memperluas wawasan bisnis para pelaku UKM.

SRC Expo juga merupakan rangkaian acara Road to SETC Expo, acara tahunan bagi wirausahawan PPK Sampoerna. Setiap tahunnya, PPK Sampoerna mengundang ratusan pelaku UKM berpartisipasi dalam SETC Expo untuk memamerkan produk, memperluas jejaring bisnis, serta mendapatkan pelatihan-pelatihan menarik untuk dapat membangun kapabilitas mereka. Acara puncak SETC Expo 2018 akan dilaksanakan di Bali pada bulan Desember mendatang.

 

Hadir dalam acra tersebut Kepala Wilayah Area Sumsel PT HM Sampoerna Rianto Probo Hartono, Manager RRCSR PT HM Sampoerna Arief Triastika, Dewan Pembina Yayasan Inotek Indra Uno, Ketua Dharma Wanita Sumsel Renny Nasrun Umar.(zainal piliang)

 

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Sekda Kuansing Serahkan Bantuan Beras 30 Ton dan Benih Padi

  TELUK KUANTAN, newshanter.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi DR.Dianto Mampanini,SE.MT ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 12-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC