Home / breaking / dr Wim Ghazali Dituntut Enam Pernjara.”Tidak Ingat Sudah Berapa Kali Melakukan Aborsi”

dr Wim Ghazali Dituntut Enam Pernjara.”Tidak Ingat Sudah Berapa Kali Melakukan Aborsi”

Palembang -Newshanter.com. dr Wim Ghazali, Seorang dokter di Palembang terdakwa kasus aborsi, Kamis (09/08/2018) di Penghadilan Negeri Palembang Kelas1A Khusus dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum Syofian Purnama dengan hukuman enam tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purnama Sofyan dalam membacakan dalam membacakan surat tuntutan dijelaskan beberapa hal yang memberatkan yakni perbuatan terdakwa tidak sesuai dengan sumpah kode etik sebagai dokter. Selain itu, di dalam persidangan, terdakwa mengakui telah menjalani praktek dokter sejak 1972 sehingga tidak ingat lagi berapa kali melakukan praktik aborsi.

Terdakwa didakwa dengan Pasal 77A Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan Atas Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 53 Ayat (1) KUHP.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa dr Wim Ghazali selama enam tahun dikurangi selama terdakwa menjalani masa tahanan,” kata Syofian.

Selain itu, JPU menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan izin praktik terdakwa sebagai dokter dan dokter gigi atas nama dr Wim Ghazali yang ditandatangani dan dikeluarkan atas nama Wali Kota Palembang dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Usai mendengarkan tuntutan dari JPU Purnama Sofyan, majelis hakim yang diketuai Yohanes menunda jalannya persidangan hingga pekan depan dengan agenda pembacaan pledoi dari kuasa hukum terdakwa.

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumsel Reda Mantovani menerangkan, hukuman tambahan selain pidana penjara terhadap terdakwa dr Wim Ghazali berupa pencabutan izin praktik merupakan tanda keseriusan Kejaksaan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku aborsi.

“Artinya, Kejaksaan atau PU telah berupaya melihat fakta-fakta di dalam persidangan sehingga hukuman tambahan berupa pencabutan izin praktek kedokteran setelah terdakwa selesai menjalani pidana penjara,” pungkasnya.(fil)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polres Kampar Adakan Wirid Pengajian Bagi Personelnya

  BANGKINANG KOTA newshanter.com – Jumat pagi (16/11/2018) sekira pukul 08.30 Wib, ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 11-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC