Home / breaking / Diduga Pijat Ilegal, Puluhan WNA Ditangkap

Diduga Pijat Ilegal, Puluhan WNA Ditangkap

Palembang, Newshanter.com – Diduga membuka praktik terapi pijat secara ilegal di Palembang, 20 Warga Negara Asing (WNA) ditangkap pihak keimigrasian. Mereka terancam dideportasi dan juga dikenakan hukuman pidana.

Dari seluruh WNA, 16 diantaranya berasal dari Malaysia, 2 dari China, 1 Hongkong dan 1 dari Belgia. Mereka diringkus saat membuka praktek pengobatan di Hotel Novotel Palembang, Rabu (09/01/2019).

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sumsel, DR H Sudirman D Hury SH MM MSc mengungkapkan, penangkapan berdasarkan dua alasan, yakni menyalahi kunjungan wisata dan membuka praktik pengobatan tanpa izin. Mereka sudah berada di Palembang sejak tiga hari lalu.

“20 WNA kita amankan, mereka membuka praktek pijat ilegal di sebuah hotel,” ungkap Sudirman, Kamis (10/01/2019).

Dikatakannya, kelompok terapi asing bernama “CLM” ini mematok tarif pengobatan sebesar Rp 4,5 juta per orang. Dalam sehari, ada ratusan pasien yang datang untuk berobat. “Mereka buka indivasi dan pendaftaran secara online. Pendapatan mereka per hari bisa mencapai satu miliar rupiah,” ujarnya.

Dari pengakuan para pelaku, mereka sebelumnya telah membuka praktek serupa di Medan dan Bali. Pengobatan di setiap kota yang dikunjungi tak lebih dari tiga hari saja agar luput dari pantauan petugas, bebernya.

“Kita akan dalami lagi kenapa mereka bisa sampai ke Palembang, siapa tahu ada yang bertugas petunjuk jalan atau lainnya, termasuk juga hotel sebagai penyedia tempat,” kata dia.

Selain deportasi, Sudirman akan mengarahkan kasus ini ke pidana umum. Sebab, praktek pengobatan dan penyedia tenaga kerja harus mendapatkan izin dari Dinas Kesehatan atau Ketenagakerjaan.

“Saya maunya mereka dipidana penjara dan didenda juga. Kita dorong untuk itu, tidak hanya deportasi saja,” katanya.(di/yn)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Pelajar Berusia 15 Tahun Cabuli Pacarnya, Korban Dikeluarkan dari Sekolah Karena Hamil

  TAMBANG newshanter.com – Unit Reskrim Polsek Tambang, pada Selasa sore (22/1/2019) ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC