Home / breaking / Balai Litbang LHK Palembang Kembangkan Restorasi Gambut Di Sepucuk OKI

Balai Litbang LHK Palembang Kembangkan Restorasi Gambut Di Sepucuk OKI

Kayuagung, Newshanter.com – Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutan (Litbang LHK) Palembang mengembangkan Lahan Gambut sebagai percontohan yang berada di Sepucul Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Propinsi Sumatera Selatan.

Dimana sebelumnya Balai Litbang LHK Palembang telah berhasil melakukan restorasi lahan gambut pada area terlantar dan bekas hutan terbakar. Belajar dari keberhasilannya tersebut maka dibuka lagi pilot project restorasi lahan gambut lanjutan dengan menggunakan lahan eks kebakaran memberdayakan kelompok tani lokal. Proyek pertanian ini juga merupakan percontohan pertama di Sumsel, yang selanjutnya diproyeksikan untuk membuka lahan baru.

Pemilihan Kayu Meranti dianggap cocok didaerah perairan dan gambut selain kayu meranti diperaiapkan lahan seluas 4 hektar ditanami beberapa macam tanaman.

Balai Litbang LHK Palembang juga bina kelompok tani untuk dijadikan instruktur di daerah lain dengan geografis serupa dengan lahan gambut di sepucuk.

Ketua Kelompok Karya Tani Cipto menyampaikan optimis program akan berhasil dikembangkan terlebih sebelumnya proyek tersebut pernah dilakukan.

“pengembangan beberapa jenis tanaman lain juga akan dikembangkan disini seperti, Kangkung, Nanas, Jagung, Bayam dan pohon pinang,”katanya dihadapan pewarta,Kamis (9/8/2018).

Disinggung mengenai kendala didalam proyek tanaman ini, Cipto mengungkapkan beberapa kendala yang tergantung pada musim.

“jika intensitas hujan tinggi area penanaman mengalami kebanjiran lantaran tempat ini merupakan turunan air, bahkan jalan didwpan area ikut terendam,”jelasnya.

Ditambahkan cipto, hal berbeda ketika musim kemarau tiba. Kelompok tani mengalami kesulitan air bahkan bahkan dbantu menggunakan pompa air,”ungkapnya.

Kepala Balai Litbang LHK Palembang Tobroni mengatakan Indikator keberhasilan lahan gambut merupakan peluang ekonomi baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan lahan mereka menjadi produktif.

“Proyek yang dikucurkan melalui Dana Badan Restorasi Gambut oleh Pemerintah Pusat yang dimulai dari September 2017 lalu ini senantiasa dilakukan monitor dan evaluasi secara periodik,” tuntasnya. (salim)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Serahkan Mini Traktor Pertanian , Bupati Motivasi Masyarakat Jadi Petani yang Sukses.

  Tapung newshanter.com – Lahan pertanian di Kampar sangat luas dan sangat ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 10-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC