Home / breaking / DMI Ragukan Survei 41 Masjid Terindikasi Radikal
Imam Addaruquthni

DMI Ragukan Survei 41 Masjid Terindikasi Radikal

JAKARTA -Newshanter.com.- Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (DMI), Imam Addaruquthni meragukan hasil survei yang mengungkapkan 41 masjid pemerintahan di Jakarta terindikasi radikal. Menurut dia, selama ini konten khutbah yang disampaikan khatib pada shalat Jumat masih positif.

Menurut dia, ada kekacauan paradigma dari peneliti Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) yang melakukan survei tersebut. “Hasil survei itu meragukan. Satu, meragukannya itu para penelitinya atau pembuat kesempulannya itu jangan-jangan dia ada kekacauan paradigma yang diterapkan di situ,” ujar Imam saat dihubungi Republika.co.id, Senin (9/7/2018).

Dia mengatakan masih ingin membaca hasil penelitian tersebut. Karena, menurut dia, selama ini belum ada pelaku kekerasan atau pelaku aksi terorisme berasal dari aktivis masjid atau jamaah masjid di Jakarta.

“Selama ini DMI belum pernah merasakan ada indikasi itu (masjid pemerintahan radikal),” ucapnya.

Dia mengatakan, penelitian tersebut dilakukan dengan paradigma yang salah terhadap pemahaman radikalisme. Artinya, kata dia, sikap kritisisme itu jangan disamakan dengan radikalisme.

“Kalau kritisisime itu di Jakarta masjid-masjid itu banyak sekali yang kritis kepada pemerintah. Sejak dari zaman Pak Harto sampai sekarang pun apalagi,” katanya.

Dia menambahkan, Waketum DMI Jenderal Syafruddin yang juga menjabat sebagai Wakapolri sebelumnya juga sempat menolak hasil penelitian Wahid Institute soal radikalisme. Karena, kata dia, radikalisme itu tidak mungkin disampaikan di tempat terbuka.

“Karena apa? Karakteristik radikalisme itu mestinya disampaikan di tempat tertutup, harus silence operation. Kalau di masjid bagaimana? Ya tempat terbuka nggak mungkin. Maka saya menolak kata beliau (Syafruddin) sinyalemen itu,” ujar Imam.(rol)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

KODIM 0304/AGAM ADAKAN RAPAT EVALUASI PERSIAPAN TOUR DE MANINJUA WIRABRAJA 2018

Bukittinggi, News Hanter.com- Tahapan persiapan pelaksanaan Tuor de Maninjau Wirabraja 2018, dalam ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 09-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC