Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Perantau Jorong Kototinggi Kototuo IV Koto, Pulang Basamo

Perantau Jorong Kototinggi Kototuo IV Koto, Pulang Basamo

Jakarta. Newshanter.com. Sebanyak 400 orang lebih perantau Jorong Kototinggi Ngaragri Kototuo IV Koto Agam, yang merantau ke Jakarta pulang basamo. Para perantau yamg tergambung Ikatan Perantau Kototinggi  Cubadak (IKPKCB) Bersatu ini berangkat Senin (11/06/2018) menuju sumbar pukul 09.0 dilepas Kepala Cabang Mandiri Tanah  Abang dan saudara mereka yang tidak ikut pulang basamo di Jalan Fachruddin Tanang Abang. Pesertaa pulang basamo ini mengenakan kaus warna biru di Sponsori Bank Mandiri  dengan dana sumbangan kabarnya  sekitar 100 juta rupiah.

Acara ulang Basamo Kototinggi Cubadah Bersatu (IKPKCB)  ini juga menjadi viral di Facebook Rang Kototuo

Menurut Rico ST Rajo Bungsu panitia dan  Ayub salah seorang ikut pulang basamo mengatakan, para perantau asal jorong Kototinggi pulang basamo dengan mengunakan sebanyak 5 bus dan 25 mobil pribadi.”selain itu ada juga yang naik pesawat,” ujarnya.

Tujuan pulang basamo selain menjalin tali silahturahumi antara kampung dan ratau juga untuk meningkatkan raso badusanak (persaudaraan). Sesampai dikampung rombongan pulang basamo ini juga akan mengadakan kegiatan sosial. Para perantau Jorong Kototinggi ini di Jakarta umumnya meraka adalah pedagang grosir Jilbab dan kain di Thamrin City dan di Pasar Tanah Abang Jakarta.

Jorong kototinggi adalah sebuah Jorong di Nagari Kototuo berada di paling atas di kaki gunung singgalang. Di tahun 60an jorong Kototinggi ini warganya banyak mencari kayu bakar, dan membuat tampian (niru) serta bertani.

Pada tahuan 80an para anak mudanya mulai pergi merantau ke Jakarta. mereka berhasil. Kini Jorong Kototinggi adalah Jorong termaju di Kototuo IV Koto Agam, yang terletak 9 km dari kota Bukittingi. Di Kototuo terdapat 7 jorong Galudua, Pakan Usang, Kotobaru, Lurah, Caruak, Kapalo Koto dan Kototinggi.

Kenapa Tidak Melibatkan IKK ?

Acara Pulang Basamo  para Ikatan  Perantau  Kototinggi Cubadak Bersatu (IKPKCB) ‘disambut postif sejumlah tokoh para perantau Kototuo di Jakarta (IKK JR),  kegiatan ini bagus sekali dalam meningkatkan silahturhami antara Rantau dengan Kampung. Namun beberapa  Tokoh  Urang Kototuo tersebut sangat menyayangkan Kenapa Pulang Basamo itu tidak melibatkan IKatak Keluarga Kototuo (IKK) ? . Padahal di Jorong Kototinggi adalah anggota IKK.  “Dengan hal itu seakan akan Kototinggi terlihat memisahkan diri dari IKK, Padahal Tidak ” ujarnya.

Tokoh mayarakat Kototuo yang engan ditulis namanya kepda Newshanter.com,  berharap , kepada penggurus IKK Jakarta Raya (IKKJR) untuk menjelaskan kepada warga Anggota IKK, bahwa tidak ada Kotak -Kotak di IKK.  Pun agar tidak terjadi salah persefsi  sebaiknya Anggota Pulang Basamo (IKPCB)  ini disambut oleh Wali Jorong Kototingi dan bukan oleh Walinagari.  Dengan mengundang Wailonagari dan KetuIKK -JR” pungkasnya.(Zainal Piliang)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Diduga Sindikat, Melibatkan Oknum Security Komplek Palembang

Palembang, Newshanter.com – Menanggapi keluhan korban penggelapan satu unit sepeda motor milik ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 08-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC