Home / breaking / Berbagai Persiapan Dilakukan Puskesmas Tanjung Kerang Jelang Akreditasi
Tim Pendamping Dinkes Muba, Leli Hefni SKM MKes Pantau persiapan Puskesmas Tanjung Kerang(foto.heri) Persiapan Akreditasi

Berbagai Persiapan Dilakukan Puskesmas Tanjung Kerang Jelang Akreditasi

Musi Banyuasin, NEWSHANTER.COM-  Berbagai persiapan dilakukan oleh pegawai di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Kerang , Kecamatan Babat Supat , Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan  jelang penilaian  akreditasi pada bulan Juli 2018 mendatang.

Persiapan yang dilakukan di antaranya memperbaiki struktur internal dan eksternal serta meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Senin (21/5/2018).

Sebagaimana yang dijelaskan oleh dokter  Auli Ramdan  Kepala Puskesmas Tanjung Kerang melalui Ruslan SKM  TU Pukesmas di dampingi dr Mulyadi, bahwa jadwal penilaian akreditasi  telah diusulkan ke komisi akreditas di tingkat pusat.

“Jadi pada dasarnya pihak kami tinggal menunggu prosesnya, sambari terus melakukan persiapan dan terus berkoordinasi dengan  Pendamping dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi banyuasin,” ujarnya.

Kata dia, penilaian akreditasi bagi suatu institusi pelayanan kesehatan sangat penting. Itu semua dilakukan untuk meningkatkan mutu dan standardisasi pelayanan kesehatan.

“Kalau tanya optimis, saya optimis Puskesmas Tanjung Kerang  terakreditasi , karena mendapat dukungan dari berbagai pihak dan telah menjadi komitmen bersama seluruh staf,” ujarnya.

Perlu diketahui sebagai syarat Puskesmas Tanjung Kerang  masi banyak kekurangan sarana dan prasarana  pendukung seperti petunjuk Buku akretasi , sesuai  peraturan Kemenkes  nomor 75 tahun 2014, jadi mohon dukungan dari pemerintah daerah dan dinas kesehatan Muba.

Sementara ini Pukesmas Tanjung Kerang memiliki tiga  orang tenaga dokter tetap yang melayani kesehatan masyarakat di kecamatan babat Supat

Memiliki 6 Pustu, 16 poskesdes,  46 ASN, PTT 27, tenaga sukarela 23 orang,  tenaga medis yang lain seperti perawat, bidan, bagian gizi, kemudian memiliki fasilitas  obat-obatan, dan peralatan medis lainnya.

Leli Hefni SKM, MKes, Kepala Pukesmas  Kecamatan Lais dan  salah satu  Tenaga Pendamping dari yang di tunjuk Dinas Kesehatan Muba untuk memberikan bimbingan persiapan akreditasi ini, mengatakan bahwa kita dari Tim pendampingan  dari dinas kesehatan memberikan  hal-hal yang sesuai petunjuk Buku akreditasi,  sebelum nanti penilaian dari Tim akreditasi dari pusat .

Tujuan pendampingan, agar pukesmas yang mengikuti akretasi ini dapat materi dan apa yang di butukan sesuai standar akretasi, nanti Tim dari pusat yang menilai layak dan tidaknya pukesmas ini mendapatkan penilaian akretasi”, katanya.(heri/eggy)

 

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Diduga Sindikat, Melibatkan Oknum Security Komplek Palembang

Palembang, Newshanter.com – Menanggapi keluhan korban penggelapan satu unit sepeda motor milik ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 08-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC