Home / breaking / PNS OKU SELATAN DIDUGA TERLIBAT POLITIK PRAKTIS
ilustrasi

PNS OKU SELATAN DIDUGA TERLIBAT POLITIK PRAKTIS

OKU Selatan news hunter.com Pegawai Negeri Sipil PNS dilarang mencampuri urusan politik sesuai dengan surat edaran Badan pengawas Pemilu BAWASLU. PNS harus menjaga netralitas ditahun politik:

1. PNS Dilarang mendeklarasikan diri sebagai calon kepala daerah.

2. PNS Dilarang memasang sepanduk promosi calon kepala daerah.

3. PNS Dilarang mendekati partai politik terkait dengan pengusulan dirinya atau oranglain,sebagai calon kepala daerah.

4. PNS Dilarang menggunggah,memberi like mengomentari dan sejenisnya,atau menyebarluaskan gambar maupun visi misi bakal calon kepala daerah. melalui media oneline maupun medsos.

5. PNS Dilarang menjadi pembicara pada kegiatan pertemuan partai politik.

6. PNS Dilarang foto bersama dengan bakal calon kepala daerah.

7. PNS Dilarang menghadiri deklarasi bakal calon kepala daerah dengan,tanpa mengunakan atribut partai politik.

Ketujuh larangan di atas mempunyai dasar hukum. dan mengacu kepada Uu.no 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Uu no 10/2016 tentang pemilihan gubernur dan walikota. PP no 53/2010 tentang disiplin pegawai negri sipil. PP no 42/2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik pegawai negri sipil.SE.KSN.NO B 2900/KSN/11/2017 tanggal 10 november 2017.

Tentang pengawasan netralitas pegawai ASN pada PILKADA serentak 2018. Tapi diduga tidak berlaku bagi Seorang oknum PNS yang menjabat kepala bidang (Kabid) di Dinas Perizinan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Syaripudin Abdullah.

Atas cuitannya di grup Cinta OKU Selatan, Selasa (8/5/2018.syaripudin abdullah menulis. “Dodi bae tau salah satu hambatanyo “infrastruktur” apolagi bapaknya (Gubernur) la berkuasa 10 tahun. Artinya tidak ada niat!!! Jadi wong kito ikut2an mendukung bukan krn niat majuke daerahnyo tapi kebanyakan kepentingan PARTAI…. Nak muntah jingoknyo seluruh pendukung balon membuat status cak politisi ulung, pdahal baru kemaren sore dipelokkan wong jdi timses,” tulis akun Syaripudin Abdullah.

Pengurus DPD Partai Golkar OKU Selatan, Candra sangat menyayangkan atas komentar tersebut dan tidak patut dilakukan oleh pejabat publik. Candara menduga itulah suatu ucapan tidak mendidik pungkasnya. 

Sedangkan Ketua Panwaslu OKU Selatan Herry Aprizon, kepada Newshunter.com.mengatakan sejauh ini pihaknya sudah menerima informasi terkait hal tersebut, kami sudah menurunkan tim untuk koordinasi dan klarifikasi atas dugaan tersebut selanjutnya menunggu hasil tim di dilapangan.

Sementara itu, Syarpudin Abdullah kepada news hanter com , mengakui jika akun  tersebut adalah akun facebook miliknya.” Kalau memang komentar itu salah nanti akan saya hapus. Saya hanya mengkritisi pemerintah provinsi, terkait pembenahan Danau Ranau., bukan maksut ingin menghina dan menyudukan paslon dan partai tertentu,” ujarnya singkat.

Sesuai dengan peraturan perundang undang Republik Indonesia. barang siapa melanggar, akan diberi sanksi administratif,atau sangsi Hukuman disiplin mulai dari penundaan kenaikan gaji berkala,penundaan kenaikan pangkat,sampai dengan pemberhentian tidak atas kemauan sendiri. (Usman)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Diduga Sindikat, Melibatkan Oknum Security Komplek Palembang

Palembang, Newshanter.com – Menanggapi keluhan korban penggelapan satu unit sepeda motor milik ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 08-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC